Geliat Lamsel

WARGA TANJUNGSARI HARAPKAN RYCKO LANJUTKAN PROGRAM PETERNAKAN

Lampung Selatan,LM  – Dinilai Program Peternakana berhasil, Masyarakat Kecamatan Tanjungsari mengharapkan Calon Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP untuk melanjutkan program pengembangan sapi karena telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. “Peternakan menjadi salah satu tumpuan masyarakat Tanjungsari selain pertanian dan perkebunan,” kata Suharno salah satu tokoh masyarakat di Desa Wonodadi Kecamatan Tanjungsari,  Selasa.(06/10/15)

Ia mengatakan, selama kepemimpinan Rycko Menoza SZP pengembangan sapi peranakan ongole (PO) di Lampung Selatan berkembang pesat dan menjadi salah satu lumbung ternak.

Pada awalnya, peternak sapi di wilayah itu hanya sedikit, namun setelah berjalannya program itu saat ini ternak sapi menjadi primadona warga Tanjungsari yang dibina selama lima tahun terakhir.

BACA JUGA:  Ridho Ficardo Kunjungi Bandara Radin Inten II

Ia menjelaskan, dengan bantuan dari pemerintah semasa kepemimpinan Rycko Menoza masyarakat telah kini telah mampu menerapkan teknologi peternakan dengan baik termasuk program kelahiran ganda melalui embrio transfer untuk memperbanyak populasi sapi PO.

Tokoh masyarakat di Desa Wawasan, Suroto mengatakan, masyarakat setempat selain bertani juga menekuni peternakan karena sangat menghasilkan sebagai tambahan pendapatan.

Selain itu, petani dapat memanfaatkan ternak untuk mendukung sektor peternakan dan rata-rata setiap keluarga memiliki dua sampai tiga ekor sapi yang ditampung dalam kandang bersama.

BACA JUGA:  Sulaiman Alfakadis : Selama kepemimpinan Rycko Menoza Telah Membawa Perubahan Pembangunan di Lampung Selatan

Ia mengatakan, program yang sudah berjalan ini juga didukung dengan pasar ternak yang telah dibangun, nantinya akan menjadi sentra penjualan ternak di Tanjungsari. “Bantuan-bantuan juga banyak disalurkan kepada peternak untuk mendukung peningkatan populasi sapi warga,” tambah dia.

Calon Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP, mengatakan, program pengembangan sapi peranakan ongole akan terus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menjelaskan banyak program-program untuk pengembangan ternak sapi PO di Tanjungsari dengan didukung dengan kopersi dan bantuan lembaga keuangan. “Tanjungsari menjadi salah satu proyek percontohan peternakan sapi tingkat nasional,” kata dia.

BACA JUGA:  TEC Ajak Ormas GRANAT dan FKPPI Lawan Covid-19

Untuk program lima tahun ke kedepan, tentunya bagaimana pemerintah terus meneruskan program-program yang berdampak pada pengembangan peternakan bagi kesejahteraan masyarakat. (zul)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top