Advetorial

POTENSI PERTANIAN DESA TAMBANGAN SANGAT TINGGI

Pesawaran, Lampungmediaonline.com – Lain dusun lain sumber penghasilan, ini yang menjadikan Kabupaten Pesawaran adalah daerah dengan sumberdaya alamnya yang tinggi. Dari pertanian hingga lautan adalah potensi bagus bagi Kabupaten ini. Dari banyak desa, salah satu desa yang sumber penghasilannya dari pertanian adalah Desa Tambangan, hamparan tanaman padi hingga coklat jadi sumber ekonomi utama masyarakat setempat. Dan soal pembangunan, desa ini tidak begitu tertinggal, sebab kepedulian masyarakatnya sangat tinggi.

Namun, Desa Tambangan pun seperti desa lainnya, tidak ada perbedaan dari desa lain mendapat bantuan DD (Dana Desa) yang di kucurkan pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Sebab dibeberapa dusun butuh pembangunan yang sangat dinanti masyarakat setempat, seperti di Dusun Kepayang, membuat bronjong sepanjang 37 meter dengan ketinggian 5 meter, sebab dusun ini rawan akan banjir jika hujan turun.

BACA JUGA:  Bupati Pesawaran Dendi Menerima Kunjungan Mabes TNI AL

Kemudian Dusun Sinar Banten, membuat drainase sepanjang 112 meter dan tinggi 0,5 meter, untuk aliran air hujan serta pembuangan limbah rumah tangga.

Lalu Dusun Tambangan Induk, membuat paving block sepanjang 423 meter dengan lebar 1 meter, sebab wilayah ini jika turun hujan jalan menjadi licin dan banyak genangan air. Juga pembuatan rabat beton sepanjang 263 meter dan lebar 2 meter, berfungsi untuk akses warga setempat. Di dusun ini juga dibuat jembatan beton sepanjang 6 meter, dengan  lebar 4 meter, dan tinggi 4 meter, ini berfungsi sebagai jalur antar dusun. Adapun pembuatan gorong-gorong 2 unit yang melintasi rumah warga demi melancarkan aliran air di dusun ini.

BACA JUGA:  Reses Komisi IV DPR RI, Nanang : Hari Ini Masyarakat Lampung Selatan Mendapatkan Berkah

Menurut Antoni selaku Kepala Desa Tambangan, “Dengan adanya DD ini, sebuah kesempatan bagi saya, terutama kepentingan bersama guna  percepatan pembangunan yang selama ini masih ada beberapa dusun yang masih tertinggal,” ungkap Kades yang murah senyum ini.

Beliaupun mengatakan, pembangunan drainase dan bronjong menjadi prioritasnya, sebab wilayah ini rawan akan banjir serta longsor. Dan menurutnya, soal jalan juga adalah hal yang paling utama, karna jalan yang dibuatkan paving block merupakan akses utama perlintasan warga dalam aktivitas sehari-hari, jelas Antoni saat Lampung Media bersandar di kediamannya.

BACA JUGA:  HASIL BUMI DAN OBJEK WISATA ADA DISINI

Dan adapun harapannya kedepan, Kades yang ramah ini menginginkan kemajuan Desa Tambangan bisa dijadikan contoh bagi desa-desa lainya di Kabupaten Pesawaran.(adv)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top