Advetorial

DESA MUNCAK POTENSI WISATA PEGUNUNGAN

Pesawaran, Lampungmediaonline.com – Ternyata Pemerintah kini tidak tidur dalam hal pembangunan, terbukti dari banyaknya desa yang tertinggal, kini telah mendapatkan bantuan DD (Dana Desa) untuk membangun. Salah satu desa yang mendapat bantuan tersebut adalah Desa Muncak. Konon sangat-sangat tertinggal dalam pembangunan, padahal desa ini adalah penghasil rempah-rempah, buah-buahan, bahkan pariwisata.

Kini masyarakat Desa Muncak bisa bergembira setelah mendapatkan bantuan Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat. Rencana tersebut telah di raf-kan oleh pemerintah desa, guna memprioritaskan pengerjaan pembangunan untuk beberapa dusun. Seperti di Dusun I Sungkai; Pembuatan TPT (Talut Penahan Tanah) sepanjang 80 meter dengan ketinggian 1,7 meter, guna menahan tanah yang sering terjadi longsong, karna lokasi desa ini kultur tanahnya menanjak. Dusun II; Pembuatan TPT jalan menuju kantor desa sepanjang 100 meter, dan tinggi 1,7 meter, TPT ini dibuat, karna jika hujan turun sering terjadi longsor dan jalan menjadi sangat licin, dan masih dalam pengerjaan. Dusun III; Pembuatan TPT sepanjang 30 meter dan tinggi 3 meter, ini guna menahan tanah yang juga sering terjadi longsor, sebab diatas tanah yang tinggi banyak ditempati rumah penduduk. Ditempat yang tak jauh juga dibuat TPT sepanjang 50 meter dengan tinggi 1,7 meter, guna menahan tanah jalan yang juga sering terjadi longsor. Karna jika tanah jalan tersebut longsor dapat mengenai rumah warga yang ada dibawahnya.

BACA JUGA:  Dendi Ramadhona Ajak Pengusaha Muda Bangkitkan Perekonomian

Seperti penuturan Kepala Desa Muncak Zainuddin, di Desa Muncak yang kultur tanahnya pegunungan sangatlah rawan longsor, prioritas Dana Desa ia fokuskan untuk membuat banyak TPT dibeberapa titik vital.

“Semua dana yang ada saya pusatkan untuk membangun TPT, karna bisa kita lihat dari kultur tanah disini yang banyak menanjak dan masih tanah merah. Saya sangat berharap ada bantuan lagi dari pemerintah Kabupaten atau Provinsi guna membenahi masalah jalan di desa kami,” harapnya kepada pemerintah terkait.

BACA JUGA:  Pangdam Dua Sriwijaya Kunjungi Sarang Petarung Harimau Sumatera Brigif-3 marinir

Beliau juga mengatakan, Desa Muncak sebenarnya juga daerah kawasan wisata, yang mana jika pengunjung datang ke desa ini dapat menikmati pemandangan laut dan lembah. Dari hal itu, Zainuddin mempunyai inisiatif akan mengembangkan Desa Muncak menjadi kawasan wisata dengan kemampuan yang ada. Terlihat dari niatan ini, banyak pengunjung dari dalam maupun luar daerah yang  menyambangi ketinggian Desa Muncak, hanya untuk melihat keindahan nuansa hamparan laut.

BACA JUGA:  Dengan Pembanguan DD ,Warga Pagar Jaya Berharap Kedepan Menjadi Desa Wisata

Dari harapan tersebut, semoga pemerintah daerah khususnya, dapat mempertimbangkan potensi yang ada di Desa Muncak ini, terutama bisa menjadi PAD (Pendapatan Asli Daerah) bagi Kabupaten Pesawaran.(adv)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top