Geliat Metro

Fraksi PDI-P dan Golkar Pinta Pengkot Metro Inventarisir Aset

Metro, lampungmediaonline.com – Dua Fraksi Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menginventarisir seluruh aset milik Bumi Sai Wawai. Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.

Permintaan tersebut disampaikan Fraksi PDI-P dan Fraksi Golkar pada Paripurna Tingkat I tentang Pandangan Umum Fraksi terhadap Penyampaian Pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2015 oleh Walikota Metro yang digelar beberapa waktu lalu. Ketua Fraksi PDI-P Basuki menyampaikan, untuk seluruh dokumen keuangan maupun aset daerah harus tersusun dan terinventarisir dengan benar.

“Supaya tidak terjadi hal-hal yang janggal dikemudian hari. Baik aset yang ada di dinas, badan, kantor maupun bagian perangkat pemerintah daerah lainnya. Sesuai Permendagri No 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah,” bebernya.

BACA JUGA:  Puluhan Hektar Tanaman Jagung Rusak Di Terjang Banjir

Menurutnya tidak sedikit aset milik Kota Metro yang belum bersurat, contohnya selain memiliki 340 aset tanah dan bangunan yang telah bersertifikat, Kota Metro juga masih mempunyai 220 aset tanah dan bangunan yang belum bersertifikat. Begitu pula untuk aset kendaraan dinas, dari 1003 unit randis roda empat dan roda dua.

“Dari jumlah keseluruhan 753 unit, aset roda dua itu 660 unit telah ter-BPKB dan 93 unit yang belum ter-BPKB. Sedangkan dari keseluruhan 250 randis roda empat, 208 unit telah ter-BPKB dan 42 yang belum ter-BPKB. Sampai akhir tahun 2015 nilai kekayaan bersih aset Pemkot Metro sebesar Rp 1,65 triliun,” urainya.

BACA JUGA:  FJHM Swadaya Renovasi Jembatan

Senada disampaikan Fraksi Golkar, meski mengapresiasi atas pencapaian realisasi PAD pada tahun anggaran 2015 yang mengalami peningkatan sebesar 101, 78 persen, Fraksi Golkar tetap tajam memberikan masukan kepada Pemkot Metro. Berdasarkan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2015 yang memuat laporan atas nilai kekayaan yang dimiliki Pemkot Metro, Fraksi Golkar menganggap perlunya Pemkot Metro untuk mendata dan menata ulang aset-aset, terutama aset tanah, bangunan, dan kendaraan.

“Pendataan bisa dimulai dari keberadaan maupun surat bukti hak kepemilikannya. Selain itu, kami juta meminta Pemkot Metro untuk dapat meningkatkan pendapatan yang berasal dari retribusi dan pajak daerah dengan dibarengi peningkatan kinerja penertiban dan pengawasan terhadap penarikan maupun kontribusi meski dalam pelaksanaannya bersifat mengikat,” tutup Ketua Fraksi Golkar Tondi Nasution.(Val)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top