Lampung Sai

Workshop Pengembangan Aplikasi Media, Meningkatkan Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Dan Aksara Lampung

Bandarlampung, lampungmediaonline.com – Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya Workshop Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa dan Aksara Lampung Berbasis Multimedia yang digelar Selasa (16/8) di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung. Hal tersebut disampaikan Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Theresia Sormin ketika membuka Workshop tersebut.
Dalam  sambutannya disampaikan, Workshop sebagai upaya untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan Bahasa dan Aksara Lampung Melalui Multimedia. “Bahasa dan Aksara Lampung merupakan refleksi budaya masyarakat Lampung yang telah berusia relatif tua. Dalam bahasa Lampung, tercermin nilai-nilai luhur yang menyangkut tentang kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang bersifat universal, universal. Sehingga mendidik penuturnya untuk selalu bersikap menghormati orang lain sekaligus bersikap rendah hati. Salah satu dampak era globalisasi yaitu, budaya lain akan masuk dan mempengaruhi budaya setiap bangsa, termasuk budaya Lampung. Untuk itu, kita perlu bersikap selektif untuk menerima budaya lain agar tidak kehilangan jati diri,” kata Staf Ahli Gubernur.

BACA JUGA:  Adventure Off Road Telan Korban Jiwa

Lebih lanjut disampaikan mengingat begitu pentingnya Bahasa dan Aksara Lampung dalam era globalisasi sekarang ini, maka Pemerintah Provinsi Lampung melakukan berbagai langkah konkret. Pertama, penggunaan bahasa Lampung sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan pendidikan / belajar mengajar antara lain di lingkungan kantor, forum pertemuan resmi dan lainnya. Kedua, penggunaan aksara Lampung pada dan atau sebagai nama bangunan / gedung, nama jalan /penunjuk jalan, iklan, nama komplek permukiman dan lainnya. Ketiga, pemasangan Ornamen Lampung baik pada sarana peribadatan, perkantoran, maupun perdagangan jasa sebagai ciri khas budaya Lampung.

BACA JUGA:  Daya Saing Lampung Meningkat Pesat, Ridho Ficardo Jadi Pembicara di Internasional Business Integrity Conference 2017

“Langkah lainnya yaitu  sosialisasi, pemberdayaan dan pemanfaatan media massa daerah, baik cetak dan elektronik, maupun media lain. Selain itu pengucapan salam “Tabik Puun” dan di nyanyikannya “Iagu ekhamku di Lampung” dalam setiap kegiatan/acara,” kata Staf Ahli Gubernur.
Kabag Humas Biro Humas dan Protokol Heriyansyah menerangkan Narasumber yaitu Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, UPTD BPTP Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. Adapun peserta Workshop Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa dan Aksara Lampung Berbasis Multimedia ini diikuti 100 orang peserta yang berasal dari Dinas/Instansi, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bandar Lampung, Mahasiswa S2 Bahasa Lampung Unila. (Red)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top