Geliat Pesawaran

Way Lima Akan Dilengkapi Pos Polisi

Pesawaran, www.lampungmediaonline.com – Desa Batu Raja, Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran akan segera dilengkapi Pos Subsektor dari Polres Pesawaran. Pembangunan Pos Polisi Subsektor Polres Pesawaran ini ditandai peletakan batu pertama yang dilakukan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Wakil Bupati Pesawaran Eriawan serta anggota DPR RI Zulkifli Anwar, Senin(13/2). Pos subsektor ini merupakan yang pertama kali dibangun Polres Pesawaran dengan lokasi tak jauh dari Kantor Kecamatan Way Lima.
Bupati Pesawaran mengatakan, peletakan batu pertama Pos Polisi Subsektor Polres Pesawaran akan menjadi momentum untuk meningkatkan keamanan di wilayah Polres Pesawaran. Seperti kita ketahui, keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainnya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.
Dalam hal ini, peran Polri menjadi sangat penting karena berhubungan dengan iklim demokrasi yang ingin dibangun di era reformasi ini. Dalam melaksanakan perannya Polri menerapkan model/pola pemolisian sipil untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dalam rangka menciptakan rasa aman, memelihara stabilitas kamtibmas, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang dilakukan secara proaktif, problem solving dengan membangun kemitraan dengan warga masyarakat (partnership).
Kebutuhan akan terwujudnya stabilitas Kamtibmas yang kondusif tentunya tidak hanya menjadi keinginan dari aparat penegak hukum, dalam hal ini Polri, tetapi juga bagi masyarakat itu sendiri, karena itu yang dibutuhkan sekarang adalah bagaimana antara masyarakat dan Polri terjalin suatu hubungan yang sinergis dalam mengupayakan terwujudnya kondisi Kamtibmas yang stabil sehingga dapat mendukung pembangunan nasional menuju masyarakat yang adil dan makmur, spiritual dan material, sehingga harapan aparat Polri untuk menjaga dan memelihara Kamtibmas tanpa dukungan masyarakat adalah tindakan sia-sia.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat guna mendukung terwujudnya Kamtibmas yang kondusif, di antaranya yaitu :Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat secara aktif memberikan informasi kepada aparat penegak hukum terkait kondisi Kamtibmas yang terjadi di wilayahnya, Mengaktifkan kembali gerakan Sadarkum pada semua tingkat kehidupan masyarakat, Komponen masyarakat secara rutin menjalin kerjasama dan komunikasi dengan aparat Kepolisian guna menginventarisir berbagai potensi gangguan yang dapat muncul sekaligus mencari solusinya; serta, Tidak mudah terpancing dengan issu-issu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya tetapi berupaya meredam agar issu tersebut tidak meluas.
Pembangunan Polsub Sektor ini merupakan keinginan warga yang menginginkan pelayanan keamanan oleh aparat kepolisian. Keberadaan Polsub Sektor Way Lima ini nantinya akan membantu Polsek Gedong Tataan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Way Lima yang selama ini menjadi tanggung jawab Polsek Gedong Tataan. Senada dengan hal itu, keamanan dan ketertiban juga merupakan salah satu pilar yang menjadi syarat utama untuk melakukan berbagai aktivitas dalam ikhtiar pembangunan di Bumi Andan Jejama yang kita cintai.“Untuk itu, dengan dibangunnya Polsub Sektor ini saya berharap semua persoalan yang menyangkut keamanan di daerah Way Lima khususnya dapat diatasi, sekaligus memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat guna menciptakan suasana Kamtibmas di Kabupaten Pesawaran pada umumnya.
” Tambah Bupati.Pada kesempatan itu, Pemkab Pesawaran turut membantu berupa bahan bangunan senilai 20 juta. Peletakan batu pertama itu juga disaksikan beberapa Kepala SKPD, Camat, Kades se-Kecamatan Way Lima dan warga. (hidar)
BACA JUGA:  Penggunaan DD Diduga Tidak Transparan, Ketua BPD Laporkan Kades ke PMD

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top