Geliat Lambar

Wakili Provinsi Lampung, Perpustakaan Puska Mandiri Pekon Pura Mekar masuk nominasi lomba Perpustakaan Umum Tingkat Nasional

Lambar,www.lampungmediaonline.com- Mewakili Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Barat mengikuti Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional melalui Video Conferensi (Vicon) dengan Ketua Tim Penilaian Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Drs. Dedi Zunaidi M.Si., Vicon di laksanakan di Pekon Pura Mekar Kecamatan Gedung Surian, Rabu (01/09)

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Kadis Perpustakaan Provinsi Lampung Ratna Dewi Juwita, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lambar Edi Novial, Perwakilan Kejaksaan Negeri Lambar, Asisten bidang Administrasi Umum, Dandim 0422/LB, Kapolres Lambar, Bhabinkamtibmas, Tim Gerakan Literasi Kabupaten Lambar, Camat, Peratin/Kepala Desa, dan tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan itu bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, menyampaikan Apresiasi atas capaian Perpustakaan Puska Mandiri Pekon (Desa) Pura Mekar mewakili Provinsi Lampung yang telah masuk nominasi pada lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) di Tingkat Nasional.

BACA JUGA:  Panwaslu Lambar Gelar Tes Tertulis

Parosil merasa bangga, dimana salah satu Komitmen Daerah yakni Kabupaten Literasi mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat dan hari ini terbukti Perpustakaan Puska Mandiri yang berada Pekon Pura Mekar dinobatkan untuk mewakili Provinsi Lampung pada event bergengsi ditingkat Nasional.

“Mudah-Mudahan melalui pencapaian ini dapat semakin meningkatkan motivasi dan kinerja Perpustakaan Puska Mandiri Desa Pura Mekar dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sekaligus dapat menjadi stimulant bagi masyarakat untuk semakin aktif dalam memanfaatkan keberadaan perpustakaan desa. Sebab, literasi itu juga telah menjadi salah satu prioritas bagi Kabupaten Lambar”, kata Parosil.

Peningkatan akses literasi yang berkualitas di masyarakat dilakukan dengan penyediaan sarana prasarana, pengembangan kompetensi, salah satu sarana prasarana penunjang dalam peningkatan kualitas masyarakat adalah melalui pemanfaatan Perpustakaan Desa.

BACA JUGA:  MUKHLIS BASRI DUKUNG KARYA BAKTI TNI TAHUN 2016

“Oleh karena itu pemanfaatan keberadaaan perpustakaan perlu terus distimulan Perpustakaan yang representative dan didukung dengan koleksi buku yang lengkap dan nantinya akan memotivasi para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk memanfaatkan perpustakaan yang ada di Lambar”, ungkap Parosil.

Lebih jauh Parosil menjelaskan, Pemkab Lambar telah melakukan beberapa Program untuk meningkatkan minat baca masyarakat yakni 1 Bentor 1 Kecamatan perpustakaan Keliling, Program PM (Pagi Membaca) bagi pelajar, pojok baca bagi desa/pekon dan telah tersedia perpustakaan digital (E-Pusdakab) yang bisa di akses melalui android dengan mendownload aplikasinya diplay store dan masih banyak program-program Kabupaten Lambar dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Literasi.

Hal tersebut merupakan sebuah implementasi yang serius, sehinga Ia berharap gerakan literasi di Lampung Barat yang saat ini mewakili Provinsi Lampung dalam lomba Perpustakaan di tingkat nasional dapat menjadi nominasi terbaik untuk memacu masyarakat dalam membaca buku.

BACA JUGA:  Diduga Pungli Serang Hutan Kemasyarakatan Lampung Barat

“Mudah-mudahan Perpustakaan Puska Mandiri ini dapat menjadi motivasi perpustakaan desa lainnya, sekaligus menjadikan perpustakaan Desa Pura Mekar sebagai role model dalam standarisasi perpustakaan desa yang bermutu dan berkualitas bagi perpustakaan desa lainnya di Kabupaten Lampung Barat”, pungkas Parosil. (Trs)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top