Geliat Waykanan

Wakil Bupati Edward Antony Ikuti Rembug Jagung Nasional

Way Kanan, www.lampungmediaonline.com – Dalam rangka sinergi kekuatan nasional dalam pencapaian swasembada jagung dengan iklim usaha yang kondusif dan mensejahterakan, Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M  mewakil Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M mengikuti rembug Jagung Nasional Tahun 2017 yang berlangsung  digedung design Centre Jakarta, Rabu (20/09/2017).

Dari informasi yang dihimpun Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Way Kanan dari berbagai sumber, Rembug Jagung Nasional tersebut diantaranya bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai persoalan jagung sehingga bisa merekomendasikan kebijakan dalam meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus memperkuat industri jagung  diberbagai daerah di Republik Indonesia.

Pada kegiatan tersebut panitia pelaksana menghadirkan Nara sumber  diantaranya H. Bambang M. Yasin (Bupati Dompu, NTB), Dr Ir Gatot Irianto, MS (Dirjen Tanaman Pangan Kementrian pertanian), Dr. Ir. E. Herman Khaeroni, M.Si (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI), Ir. Musdhalifah Machmud, MT (Deputi bidang koordinasi bidang Pangan dan Pertanian Kemenko bidang Perekonomian), Arie YuriwinS.H., M.Si (Dirjen pengadaan tanah kementerian Agraria dan tata ruang /Bappenas).

BACA JUGA:  Bupati Way Kanan Terima Kunker Tim Pengembangan UNILA

Nara sumber selanjutnya Sholahudin ketua asosiasi petani jagung, Hengky Santoso Laksono, Direktur Utama PT Seger dan Prof. DR.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc Rektor Institut Pertanian Bogor.

Pada kesempatan itu Edward Antony mengungkapkan kegiatan itu  sangat membantu bagaimana cara meningkatkan produksi jagung yang ada di daerah.

Menurutnya, Produksi jagung di Kabupaten Way Kanan harus lebih di tambah lagi Hal itu untuk mendukung Program pemerintah pusat mewujudkan swasembada jagung.

BACA JUGA:  Diskominfo Way Kanan Ikuti Rakor LPSE Se-Provinsi Lampung

“Masih banyak lahan kosong yang bisa di jadikan lokasi tanaman jagung Di Kabupaten Way Kanan, dan jagung juga merupakan salah satu produk unggulan Provinsi Lampung,” Ungkap Edward Antony

“kita harus sama-sama memberikan suport dan mendukung program peningkatan jagung agar kedepan kita menjadi daerah yang swasembada jagung di Provinsi Lampung,”Lanjutnya

Untuk diketahui Kabupaten Way Kanan  Tahun 2011 berhasil memproduksi jagung  88.691 Ton  dan Tahun 2016 Kabupaten ini mampu memproduksi 94.155 Ton dan mengalami peningkatan 5.474 Ton dalam kurun waktu Enam Tahun.

Luas Lahan Tanam jagung  Di Kabupaten Way Kanan juga mengalami peningkatan dimana pada Tahun 2011 Luas Lahan yang dikelola petani jagung 43.250.Ha mengalami peningkatan 2.842 Ha pada tahun 2016 menjadi 46.092 Ha yang didominasi kecamatan Baradatu, Blambangan Umpu dan Kecamatan Pakuan Ratu. (lis/Hadi)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top