Geliat Lambar

WABUP : SISWA HARUS CERMAT IKUTI UN

Liwa, Lampung Barat, LM – Wakil Bupati Lampung Barat Makmur Azhari mengatakan siswa harus cermat dalam menghadapi ujian nasional (UN) karena tahun ini tidak ada lagi ujian ulangan atau susulan bagi yang tidak lulus.

“Harus lebih cermat dan teliti saat mengerjakan soal ujian agar hasil kelulusan bisa lebih maksimal serta memuaskan,” kata dia saat dihubungi dari Bandarlampung,  Senin.

Menurutnya, banyak siswa yang cerdas, pintar dalam berbagai mata pelajaran sukses dalam ujian nasional.  Namun ada pula siswa yang cerdas dan pintar dalam mata pelajaran merasa pisimistis, mencari bocoran soal, membeli kunci jawaban, menerima kunci dari sms yang kurang pas.

“Jadi, saya harap semua siswa dan khususnya orang tua dapat memberi perhatian kepada mereka (siswa.red) agar tidak pesimistis dalam menghadapi ujian sehingga tidak perlu mempercayai adanya bocoran soal sehingga membuat hasilnya semakin buruk,” kata dia.

BACA JUGA:  Persiapan HUT RI, Pemkab Gelar Rakor

Sebagian siswa lagi tidak tahu, kata dia, ada yang hanya pasrah dalam kondisi tersebut sehingga dikhawatirkan dapat menurunnya daya ingat khususnya saat menjalani UN tersebut.

Untuk itulah, ia berharap pengajar dan siswa dapat saling berinteraksi dalam setiap pemberian pelajaran agar siswa dapat lebih baik dan percaya diri saat mengerjakan soal UN saat ini.

“Saya berharap siswa-siswi SMA dan sederajat dapat hasil maksimal sehingga mereka tidak perlu mengulang di tahun berikutnya,” ujarnya pula.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Barat Nukman MS mengatakan untuk menyukseskan pelaksanaan UN tahun ini, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sekolah yang ada di seluruh Kabupaten Lampung Barat.

BACA JUGA:  Tertipkan Pedagang dan Parkir, Plt. Sekdakab Sidak Pasar Liwa

“Pihak sekolah juga sudah menyosialisasikan hal serupa kepada siswa dan orangtua murid yang anaknya menjadi peserta UN dan dalam pelaksanaannya diharapkan dapat berjalan lancar hingga akhir,” ujar dia.

Ia juga berpesan kepada para peserta UN diharapkan fokus dalam mengerjakan soal-soal ujian dan diminta untuk tidak mempercayai beredarnya isu kebocoran soal.

Rombongan Wakil Bupati yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lambar Drs Nukman MS, beserta Kabag Humas dan Protokol Saprul Alhadi, beserta rombongan lainya meninjau langsung pelaksanaan UN di lima lokasi yaitu ke SMAN 2 Liwa, SMA Negeri 1 Liwa, MAN Liwa kemudian SMK Liwa selanjutnya ke SMA Batu Brak.

Rombongan melihat semua ruang kelas tempat pelaksanaan UN di SMA Negeri 2 Liwa dari luar kelas supaya tidak mengganggu peserta ujian.

BACA JUGA:  Pemkab Lambar Louncing Penyaluran Bantuan PKH

Berdasarkan data, peserta UN tingkat SMA dan sekolah sederajat di Lampung Barat sebanyak 2.775 orang dengan rinciannya 1.006 SMA negeri/swasta, 878 siswa untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri/swasta, serta 291 siswa untuk sekolah Madrasah Aliyah (MA) negeri/swasta.

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top