Pendidikan

UNISMA GELAR FESTIVAL EGOIS IMPLEMENTASI DARI PROGRAM GNRM

Malang, www.lampungmediaonline.com – Karya mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) mewarnai Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, Minggu (4/9) kemarin. Mahasiswa Unisma yang tergabung dalam program Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) menggelar Festival EGOIS (Etos Kerja, Gotong Royong dan Integritas).

Dalam kegiatan itu melibatkan seluruh unsur masyarakat Jabung. Bupati Malang Drs. M. Sanusi bersama Sekda dan SKPD turut hadir, juga Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si  dan Wakil Rektor Unisma.

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Unisma Dr. Zuhkhriyan Zakaria, M.Pd mengatakan untuk beberapa kegiatan di KSM, Unisma bekerjasama dengan Republik Gubuk yang ada di Jabung. Misalnya dalam pelatihan Tari Wayang Topeng Jabung dan penanaman 50 bibit pohon untuk penghijaun.

“Mahasiswa kami dilatih untuk penampilan tari wayang topeng. Dan bibit pohon juga dari Republik Gubuk karena kami juga berkolaborasi dengan mereka,” ujarnya.

Dijelaskannya, Festival EGOIS merupakan hasil kolaborasi dari 12 grup KSM di 3 desa. Mereka berkolaborasi membuat kegiatan spektakuler. Festival EGOIS dimeriahkan kegiatan jalan sehat, penghijauan dan bazar UMKM.

Yang menarik, dalam kegiatan ini 135 mahasiswa KSM Unisma menari massal menampilkan tarian wayang topeng khas Jabung. Tarian berupa flashmob ini menarik perhatian pengunjung, bupati dan pihak rektorat Unisma yang hadir. Tarian ditampilkan menjelang pemberangkatan peserta Jalan Sehat KSM EGOIS bersama warga Jabung.

Festival EGOIS merupakan Puncak dari kegiatan KSM EGOIS. Tagline EGOIS (Etos Kerja, Gotong Royong dan Integritas) dari kerjasama antara Unisma dengan KEMENKO PMK dan Forum Rektor Indonesia dalam mengimplementasikan Gerakan Nasional Revolusi Mental .

Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si mengatakan, mahasiswanya telah memberikan warna di kehidupan masyarakat. Melalui program KSM mereka telah berkontribusi positif. Baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, budaya, dan sebagainya.

“Mahasiswa kami tidak hanya hadir di tengah masyarakat. Tetapi mereka melakukan aksi nyata dengan pemikiran dan ide-ide besarnya untuk bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik,” katanya.

Di KSM ada tiga topik besar sebagai tugas utama mahasiswa, yakni pengembangan bidang entrepreneur, kebersihan lingkungan dan penghijauan.

Bupati Malang Drs. M. Sanusi memberikan apresiasi kepada Unisma yang hingga kini berkiprah besar. Kabupaten Malang tidak salah menjadikan Kampus Hijau ini menjadi mitra pemerintah. Tidak sedikit karya nyata yang dihasilkan dalam mewujudkan perubahan yang lebih baik di berbagai sektor.

Usai jalan sehat, rektor Unisma dan bupati Malang berkunjung ke stand bazar UMKM. Mereka melihat langsung produk hasil binaan dosen Unisma dilanjut sesi diskusi terkait lingkungan. (*)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top