Pendidikan

UM Metro Raih Rengking Ke 83 Tingkat Nasional

Metro, www.lampungmediaonline.com – Dua program penilik ranking perguruan tinggi dunia WEBOMETRICS dan 4 Iinternational College Universities (4ICU) di penghujung Juli 2017 lalu. Menempatkan posisi Universitas Muhammadiyah Metro menduduki urutan ke 83 dari 2.194 di tingkat Nasional untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta versi webometrics dan urutan ke 96 versi 4ICU.

Rektor UM Metro, Prof. Dr. Karwono, M.Pd. membenarkan hal tersebut. Ia memaparkan  untuk tingkat perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah II Sumbagsel yang mencakup provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung, webometrics dan 4ICU sepakat menyandangkan nama UM Metro berada di posisi ke 2 dari 211 Perguruan Tinggi Swasta yang ada. UM Metro hanya tertinggal satu angka setelah Universitas Bina Dharma Palembang.

BACA JUGA:  Seminar dan Penandatangan MoU, APTISI Hadirkan Pembicara Australia

Sementara Webometrics dan 4ICU menobatkan UM Metro sebagai Perguruan Tinggi terbaik No. 2 setelah Universitas Lampung di tingkat Provinsi Lampung untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

“UM Metro  juga berhasil menduduki no urut ke-6 dari 177 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah yang ada di Indonesia saat ini menurut versi webometrics dan berada di peringkat ke-8 menurut versi 4ICU,”terangnya, Jumat (4/8).

Lebih lanjut, kata Karwono jika ditinjau dari visi UM Metro yang berbunyi terintegrasinya nilai-nilai islam kedalam keunggulan kompetensi individu dan lembaga serta menjadi sepuluh besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah terbaik pada tahun 2020, berdasarkan web-ranking versi webometrics dan 4ICU, maka UM Metro sudah berhasil mewujudkan visi tersebut dimana UM Metro.
“Saat ini menduduki posisi ke-6 menurut webometrics dan posisi ke-8 menurut 4ICU dari 177 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah,” tuturnya.

BACA JUGA:  BADAI COVID MENYASAR LAMPUNG, DARUL ILMI SERAHKAN SEMBAKO

Satu dari tiga professor UM Metro ini,  bahkan menambahkan bahwa keberhasilan ini bukanlah hasil kerja individu pimpinan semata, melainkan hasil usaha kerjasama antar seluruh stakeholder di lingkungan UM Metro. Sehingga dengan meningkatnya kinerja dan kerjasama dari masing-masing pihak menurutnya hal itu akan meningkatkan posisi UM Metro kedepannya.

Sementara itu, Kabag Humas dan HI UM Metro, Fathur Rohman, M.S.I. mengungkapkan kegembiraannya terkait peringkat yang diperoleh UM Metro berdasarkan dua program penilik rangking Perguruan Tinggi dunia tersebut.
“Prestasi ini cukup menggembirakan untuk kami selaku bagian dari Universitas Muhammadiyah Metro.  Meski demikian, di luar penilaian dua program penilik rangking Universitas dunia tersebut, UM Metro sebenarnya adalah perguruan tinggi yang cukup berperan di tingkat nasional,” pungkasnya. (san/rud)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top