Pendidikan

Tunjangan Sertifikasi Cendrung Pada Kesejahteraan Bukan Peningkatan Mutu

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Lampung, Wayan Satria menilai sejauh ini guru yang sudah mendapat tunjangan sertifikasi dan yang belum mendapatkan sertifikasi tidak ada bedanya dalam model pembelajaran dan hasil pembelajaran. Orientasi guru cenderung pada peningkatan kesejahteraan ketimbang peningkatan mutu. 

“Artinya proses sertifikasi guru yang dijalankan selama ini tak menghasilkan perubahan dalam wawasan, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Hal ini wajar saja karena penekanan sertifikasi pada portofolio, bukan pelatihan yang dirancang untuk perubahan,” katanya, Selasa (21/1).

BACA JUGA:  Surono : Tingkatkan Prestasi Melalui Ekskul

Menurut Wayan, hal tersebut merupakan data hasil penelitian World Bank tahun 2009, 2010, dan 2011. Jadi,lanjut Wayan, menurut World Bank sertifikasi dan tunjangan profesi hanya berpengaruh positif pada perbaikan ekonomi guru dan minat siswa untuk menjadi guru, belum berpengaruh pada tujuan utamanya yaitu peningkatan mutu . 

Lebih lanjut ia berpendapat, lembaga Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru ( PLPG) tidak dirancang dengan cermat sehingga pelatihannya kembali pada model ceramah dengan sedikit variasi.Begitupun Uji Kompetensi Awal (UKA) dan Uji Kompetensi Guru (UKG), Wayan kembali menyatakan tidak ada kaitan dengan mutu. “Jadi amat wajar proses sertifikasi dan tunjangan profesi tidak berpengaruh pada mutu,”cetusnya. 

BACA JUGA:  Refleksi Hari Guru Nasional Untuk Mas Menteri

Terkait pelatihan guru dalam upaya peningkatan mutu guru, ia mengingatkan guru harus dilatih dengan benar. “Ada tujuan spesifik, ada strategi, desain, dan teknik pelatihan. Semua harus disiapkan dengan benar dan cermat dan untuk jangka panjang perlu redesain kelembagaan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK),” tegasnya.(Ver)

 

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top