Geliat Tanggamus

TP PKK Tanggamus Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se Dunia  

 

Tanggamus,www.lampungmediaonline.com –) TP PKK Tanggamus beserta jajaran Pemkab Tanggamus memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) Tingkat Kabupaten Tanggamus yang dilaksanakan di SMPN 1 Sumberejo,Jum’at (13/10).

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Af’illah, S.Pd.I., mengatakan bahwa HCTPS adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB yang bekerja sama dengan organisasi Pemerintah maupun Swasta untuk menggerakkan perilaku cuci tangan pakai sabun agar menghindarkan masyarakat dari penyakit.

Dimana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh WHO perilaku tersebut dapat menurunkan kasus diare hingga 50% serta untuk mencegah infeksi cacing, infeksi mata dan penyakit kulit. Perilaku ini juga merupakan upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan mencegah penyakit yang dapat berdampak kepada penurunan kualitas kesehatan manusia.

Sedangkan tujuan dilakukannya  peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun ini adalah untuk membiasakan diri cuci tangan pakai sabun pada anak sekolah, keluarga dan masyarakat sejak dini. Apalagi ini adalah cara yang mudah dan murah dan bisa di lakukan oleh siapa saja.

BACA JUGA:  Pekon Kacapura Pekon Pertama Di Semaka Yang Menyerahkan Kartu BLT DD

“Melalui kegiatan ini diharapkan partisipasi aktif seluruh masyarakat Tanggamus untuk ikut membiasakan perilaku tersebut, sehingga pada akhirnya menjadi kebiasaan dan membudaya. Saya harapkan kepada seluruh yang hadir disini untuk menjadi pelopor di lingkungannya masing masing,” tambahnya.

Sementara Wakil Bupati Tanggamus dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Sekdakab Bidang Ekobang Drs. Hi. Firman Ranie., menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TP-PKK Kabupaten Tanggamus yang telah melaksanakan kegiatan HCTPS tersebut.

Kegiatan ini adalah salah satu langkah kongkrit dalam upaya mencegah terserangnya penyakit kepada masyarakat khususnya anak-anak. Apalagi sebagaimana diketahui tingkat kesadaran masyarakat untuk cuci tangan pakai sabun masih sangat rendah.

BACA JUGA:  Pekon Di Tanggamus Tahun Ini Mulai Menggunakan Aplikasi Sikeudes

Oleh karenanya kegiatan ini merupakan sebuah kampanye untuk menggalakkan perilaku tersebut oleh masyarakat dan sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit dan menurunkan angka kematian pada anak-anak.

Dimana angka kematian pada anak-anak masih cukup tinggi, yaitu mencapai lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya di seluruh dunia, sebagai akibat dari kurangnya akses air bersih, fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan. Selain itu setiap tahunnya sebanyak 3,5 juta anak-anak di seluruh dunia meninggal sebelum umur lima tahun karena penyakit diare dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas).

Lebih lanjut Wabup berharap dengan dilakukannya kegiatan ini, nantinya masyarakat Tanggamus mulai merubah perilakunya dengan mencuci tangan pakai sabun, sehingga dengan demikian akan tercipta generasi yang sehat jasmani maupun rohaninya.

Acara ini juga turut dihadiri oleh para Kepala OPD, Forkopimda, Ketua DWP Tanggamus Arjuliati Syam, Camat dan Uspika Kecamatan Sumberjo, KUPT, para Kepala Sekolah, Kepala Pekon dan masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Pekon Sukaraja Kecamatan Semaka Mendirikan Posko Siaga Covid - 19

Dalam kegiatan ini ditampilkan juga aksi Senam Cuci Tangan Pakai Sabun dari peserta didik PAUD dan SMPN 1 Sumberejo, serta Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Bersama yang dilaksanakan oleh Wakil Ketua TP PKK didampingi jajaran pejabat yang hadir.(mas/ior))

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top