Geliat Tanggamus

TMMD Ditutup, Kodim 0424 Sukses Bagun Tanggamus

Tanggamus, lampungmediaonline.com – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 yang dilaksanakan oleh Kodim 0424 Tanggamus di pekon Way Nipah Kecamatan Pematangsawa, Kabupaten Tanggamus resmi berakhir kemarin, dengan ditandai apel penutupan dan serah terima hasil pekerjaan TMMD kepada Pemkab Tanggamus.Apel yang dipusatkan di Lapangan Kecamatan Pematangsawa itu dipimpin oleh Perwira Tinggi Ahli Khusus KASAD Mayjend TNI Sumedy, tampak hadir Bupati Tanggamus Hi.Bambang Kurniawan,S.T, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, perwakilan Lanal Lampung, Lanud Astra Kestra, Brigif 3 Marinir, Wakapolres Kompol Hepi Hasasi, Kepala SKPD, Camat dan tokoh masyarakat.

Dandim 0424 Tanggamus yang juga bertindak sebagai Dansatgas TMMD Ke 97 di Kecamatan Pematangsawa Letkol (Inf) Hista Soleh Harahap dalam laporannya mengatakan, bahwa program TMMD yang berjalan selama satu bulan terhitung tanggal 20 September hingga 19 Oktober 2016, sudah menyelesaikan beberapa pekerjaan infrastruktur, rinciannya pembukaan badan jalan sepanjang 5.000 meter dengan lebar 8 meter, pengerasan jalan dengan sirtu sepanjang 2.400 meter dan lebar 3 meter, pembangunan jembatan semi permanen  dengan panjang 18 meter dan lebar 2,4 meter. “Semua pekerjaan selesai 100 persen dan juga ada beberapa sasaran yang over target seperti jembatan kayu sebanyak empat unit, gorong-gorong lima unit,  pembukaan badan jalan sepanjang 500 meter dengan lebar 3 meter. Kemudian pembukaan  siring galian panjang  6.000 meter dengan lebar satu meter, rehab terbatas mushola 4 unit. Lalu ada juga kegiatan non fisik seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, hukum, narkoba, penyuluhan bahaya ISIS dan pengobatan gratis,” ujar Dandim.

BACA JUGA:  Wantannas Tinjau Lokasi Industri Maritim di Tanggamus

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dalam amanatnya yang dibacakan Mayjend TNI Sumedy mengatakan bahwa program TMMD yang dimulai sejak tahun 1980an merupakan sinergitas positif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa salah satunya dengan membantu pemda untuk menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur guna mengaklerasi program pemda yang dibutuhkan masyarakat untuk kesejahterakan bersama. “Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat, pemda dan pihak terkait yang telah membantu baik moril maupun materil sehingga kegiatan TMMD dapat berjalan dengan lancar. Perlu diketahui bahwa TMMD yang sudah berjalan selama 35 tahun semakin dibutuhkan masyarakat, untuk tahun ini TMMD menyentuh 165 sasaran wilayah yang tersebar diseluruh Kodam,” kata Sumedy.

BACA JUGA:  Penyalahgunaan Narkoba, Wanita Cantik Ini Dibekuk

Ia juga meminta agar masyarakat dan TNI dapat terus memelihara kebersamaan dan gotong royong yang selama ini sudah terbina dengan baik.”Pelihara hasil program TMMD sehingga hasil pakainya akan lama dan manfaatnya dapat dinikmati masyarakat untuk kurun waktu yang lebih panjang. Kepada dansatgas lakukan evaluasi secara menyeluruh untuk perbaikan TMMD mendatang, kepada prajurit saya ucapkan terimakasih atas semangat dan dedikasi yang telah kalian tunjukan,” sambungnya.

Setelah pelaksanaan apel, Sumedy bersama bupati serta Dandim meninjau sejumlah pekerjaan TMMD dengan mengendarai sepeda motor. Dalam peninjauan itu, Sumedy meresmikan jembatan kayu yang dibangun. Lalu berdialog dengan masyarakat. Sumedy mengaku puas dengan hasil TMMD ke 97 di Tanggamus. “Saya cukup puas dengan hasil yang telah dikerjakan di Tanggamus ini, mereka bekerja over target.Saya berharap jalan yang telah dibuka ini dapat ditingkatkan oleh bupati secara bertahap sebab jalan ini sangat bermanfaat karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat,” kata jenderal dengan dua bintang dipundak itu.

BACA JUGA:  Penggiringan Gajah Liar Di Tanggamus Masih Berlangsung

Sementara itu Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan menyatakan siap meningkatkan jalan yang sudah dibuka badan jalannya. Dalam waktu dekat lanjut bupati siring terbuka akan ditalud dan dibuat aliran untuk mengalirkan air kepantai.”Apa yang dikerjakan dari TMMD ini akan tetap dilanjutkan melalui Karya Bhakti TNI, kita maunya sejauh-jauhnya jalan dibuka. Yang penting badan jalannya dulu, kalau itu sudah jadi kita pemda siap untuk meningkatkan, Untuk talud dan sodetan  insya Allah tahun depan sudah mulai”, pungkasnya.(man)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top