Geliat Lampura

Tingkatkan Kantibmas, Pemkab Ajak Institusi Vertikal

Lampung Utara, lampungmediaonline.com –  Guna senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan juga menekan angka kriminalitas yang ada. Pemerintah kabupaten Lampung Utara (Lampura) selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan institusi vertikal (Kepolisian, Kejaksaan, TNI) di daerah setempat.
Wakil Bupati Lampura, Dr. H. Sri Widodo, M,Kes,. S.Pd,. FINASIM.  mengatakan, sesuai instruksi Presiden yang juga tertuang dalam visi dan misi Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara  agar pemerintah senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang ada, khususnya dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif  maka perlu dilakukan koordinasi dan kerjasama yang baik antar institusi baik itu vertikal maupun satuan kerja di lingkup pemerintah daerah. ” Saat ini kita melakukan koordinasi dan evaluasi bersama unsur Kepolisian, Kejaksaan dan TNI untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif,” ujar Widodo usai melakukan rapat tertutup bersama Kejaksaan,Kepolisian dan TNI di ruang kerjanya (26/9).
Dikatakannya hasil evaluasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan dalam menjaga kamtibmas menunjukkan sesuatu yang positif. ” Dari tahun ke tahun tren kriminalitas menunjukkan penurunan. Dan kesemuanya itu berkat kerjasama yang ekstra  antar pemerintah daerah, Kejaksaan, Kepolisian, dan TNI,” kata Widodo.
Angka kriminalitas sendiri yang terjadi di Lampura masih didominasi oleh kasus Curas, Curat dan Curanmor (C3). Oleh karenanya pihak Kejaksaan dan Kepolisian menyikapinya dengan serius yaitu dengan memperberat ancaman  hukuman bagi pelaku kejahatan minimal 8 tahun kurungan penjara. “Kita lebih pada kegiatan cegah tangkal (preventif) dengan melakukan operasi-operasi rutin baik secara sendiri -sendiri maupun operasi gabungan,” terang Widodo.
Terkait potensi banyaknya penyalahgunaan narkoba khususnya dikalangan pelajar. Widodo mengatakan, bahwa saat ini Kejaksaan rutin melakukan penyuluhan-penyuluhan ke sekolah-sekolah yang ada tentang berbagai macam tindak pidana termasuk penyalahgunaan narkoba.
Intinya, lanjut Widodo, pemkab selalu mendukung dan mensupport agenda atau upaya-upaya menciptakan kamtibmas di masyarakat. Untuk itu perlu juga peran serta masyarakat untuk menciptakan suasana kamtibmas di lingkungan masing-masing baik itu berupa kegiatan siskamling dan lain sebagainya.
Tampak hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Kotabumi, Yusna Aida, Dandim 0412 Lampura, Letkol. Inf. Mahfud Supriyadi, Kasat Reskrim Polres Lampura, AKP. Supriyanto, Kepala Kesbangpol, Firmansyah, dan Kepala Bappeda, Syahrizal. (K)

BACA JUGA:  Meski Tak Diupah, Kader Posyandu Antusias Ajak Warga Sumber Agung

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top