Seni Budaya

Tari Bedana, Siap Mengikuti PIMNAS 2019

Salah satu kegiatan mahasiswa yang bergengsi kembali di gelar, PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang ke-32 akan dilaksanakan di Universitas Udayana, Bali. Seluruh perguruan tinggi di Indonesia akan mengikuti kegiatan tersebut termasuk Unila. Namun, sebelum menuju PIMNAS tersebut masih ada, proses seleksi tim yang lolos pendanaan. Tim Unila terdiri dari 10 tim yang lolos pendanaan dan akan melakukan monev (monitoring dan evaluasi) eksternal dengan tim PKM Nasional.
Dari 10 tim tersebut, Ada hal yang menarik. Yakni 3 orang mahasiswa FKIP Unila yang meneliti tentang Tari Bedana. Penelitian ini adalah penelitian bidang Sosial-Humaniora yang berjudul “Visualisasi Tari Bedana sebagai Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal dan Edukasi Budaya Provinsi Lampung”. Berawal dari permasalahan tentang menurunnya ketertarikan generasi muda lampung dalam menggeluti budaya khususnya di bidang seni tari. Maka penelitian ini mengangkat tari bedana menjadi media film dokumenter sebagai penguatan nilai-nilai kearifan lokal dan edukasi budaya melalui teknologi yang ada.
Pada hari Rabu, 18/06 (kemarin) telah dilakukan penayangan film dokumenter (produk Peneltiian ini) sekaligus menguji kelas, dengan membandingkan hasil tes sebelum uji coba film dengan tes setelah penayangan film. Hasilnya adalah hasil tes yang meningkat. Maka dapat disimpulkan kegiatan ini bisa dijadikan sebagai media penguatan nilai-nilai kearifan lokal dan edukasi budaya berbasis media audio-visual.
Dengan beberapa proses penelitian, tim PKM (tari bedana) telah siap mengikuti PIMNAS 2019 di Universitas Udayana, Bali. Para peneliti juga mengarapkan produk penelitian ini dapat berguna sebagaimana mestinya yaitu dalam meningkatkan kesadaran muda-mudi di Lampung perihal budaya Lampung salah satunya Tari Bedana yang memuat nilai-nilai kearifan lokal yang dapat dijadikan sebagai benteng pertahanan dalam arus globalisasi di era sekarang ini.

BACA JUGA:  DPP Lampung Sai Akan Gelar Mubes

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top