Geliat Lamsel

Soal Pungli Dana PKH, DPRD Lamsel Turun Tangan

Lampung Selatan .www.lampungmediaonline.com –Dugaan pemontongan dana Program Keluarga Harapan (PKH) kepada ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  yang dilakukan oleh oknum  ketua kelompok dusun di  Desa Tarahan Kecamatan Katibung Lamsel mendapat perhatian khusus Anggota Dewan DPRD Kabupaten Lampung Selatan.

Menurut Joko Purnomo S.Pd , salah satu anggota dewan dari Fraksi Hanura daerah pemilihan (Dapil) tiga  Kecamatan Katibung ,Candipuro dan Waysulan mengatakan,terkait adanya dugaan pemotongan Dana PKH yang dilakukan oleh oknum ketua  kelompok dusun di Desa Tarahan beberapa waktu lalu , perlu dilakukan pengawasan dan kordinasi dari tingkat Desa dan Kecamatan .” Sejauh ini tidak ada kordinasi yang intens seolah – olah pertanggung jawabannya idependen, sehingga terjadi penyimpangan ,” Kata Joko, Kamis ( 14/09).

BACA JUGA:  DPC Partai Demokrat Siap Hadapi Pilkada LamSel

Dirinya menambahkan , akan segera berkordinasi kepada komisi yang membidangi yaitu komisi A dan  komisi D. ” Rencananya  kami  mau turun kebawah , biar gak terulang lagi, sementara ini kami sedang mencari fakta – fakta , “ Tambah Joko.

Sementara itu , Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung  Sumarju Saeni  mengatakan , akan menindak tegas oknum pendamping dan ketua kelompok yang melalukan pemotongan dana PKH itu sesuai dengan undang undang yang berlaku.”Kalau mungkin ada pemotongan dana PKH yang  diduga dilakukan oleh pendamping dan ketua kelompok dimasing masing wilayah,sanksinya adalah dikeluarkan sebagai pendamping yang terdata di dinas sosial kabupaten lampung selatan,” Kata Sumarju Saeni.

Lebih lanjut Sumarju Saeni menerangkan, sesuai undang undang Pasal 13 Tahun 2011 tentang penyalahgunaan bantuan masyarakat miskin ,  dana bantuan tersebut tidak boleh dipotong karena bisa dikenai sanksi pidana penjara ancaman hukuman 2 Tahun penjara dan atau denda 50 juta rupiah .” Warga jangan takut di intimidasi oleh pihak mana pun, karena dana bantuan tersebut sudah ditentukan oleh pusat melalui rekening bank yang ditunjuk , “ Tambah Sumarju dengan tegas .

BACA JUGA:  Dandim 0421/Lampung Selatan Trabas Medan Tulang Bawang Barat.  Bareng  Pangdam II /SWJ Dan Comonitas Trail Motor Cross.

Diberitakan sebelumnya , ratusan keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Tarahan kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan mengeluhkan adanya pemotongan dana Program Keluarga Harapan (PKH).Dimana oknum ketua kelompok dusun masing-masing  melakukan pemontongan 150 ribu rupiah.

 

Menurut Reni salah seorang warga di Dusun Bumi Jawa RT 04/RW 02 menceritakan ,untuk satu warga penerima KPM dipotong Rp 150 ribu rupiah dan dipotong lagi Rp.30 ribu rupiah . “ totalnya  mas Rp. 180.000 rupiah yang dipotong oleh oknum ketua kelompok PKH yg bernama tinah .” Kata Reni yang didampingi suaminya beberapa waktu lalu. (Zul/Ior/Hen)

BACA JUGA:  Sampaikan Pidato Perdana Sebagai Bupati Lampung Selatan, Nanang : Tidak Ada Lagi Kontestan 1, 2, dan 3

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top