Pendidikan

SMKN 1 Model Lawang Wetan Budayakan Salaman

Musi Banyuasin, www.lampungmediaonline.com – Menumbuhkan pendidikan karakter sekaligus menumbuhkan suasana kekeluargaan di sekolah beragam caranya. Termasuk dengan membiasakan berjabat tangan oleh siswa dengan guru. Kebiasaan ini telah rutin dilakukan oleh para Peserta Didik dengan Kepala sekolah serta dewan guru di SMKN 1  Model Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin ketika memulai masuk sekolah dan pulang sekolah.

Kepala SMKN 1 Model Lawang Wetan Drs.Ardan melalui Wakil Kurikulum Resta Julius,S.Pd,M.Si mengatakan “kebiasan bersalaman atau berjabat tangan antara siswa dengan guru mencerminkan rasa kekeluargaan di sekolah ini. Sebagaimana menjadi tugas dari guru bahwa di sekolah ini adalah sebagai orangtua dari semua peserta didik. Yang namanya orang tua tentu ada perhatian dan tanggung jawab kepada anak”. Kamis 7 september 2017

BACA JUGA:  Persepsi yang Salah tentang Pangan Sehat Membahayakan Masa Depan Anak

“Dengan membudayakan bersalaman antara siswa dengan guru ini mudah-mudahan dapat membentuk karakter dan perilaku yang baik antara anak dengan guru ketika di sekolah, dan anak dengan orangtuanya ketika berada di rumah. Kami meyakini untuk membentuk karakter dan menumbuhkan perilaku baik butuh pembiasaan. Kami berharap agar kebiasaan baik ini juga berlaku di rumah dan lingkungan masing-masing dan bekal siswa di masa mendatang,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kwartir Cabang Wajo Gelar Webinar Kepramukaan

Dia juga menyampaikan sebuah kutipan dari hasil penelitian para ahli komunikasi dan psikologi, bahwa 80 persen komunikasi yang dilakukan oleh manusia disampaikan secara non verbal. Berjabat tangan sebagai komunikasi non verbal, efektif menginterpretasikan arti pesan verbal. Makanya pembiasaan salaman ketika mulai masuk sekolah selalu dilakukan.

“Ini juga menjadi cara siswa memuliakan guru dan sebaliknya guru akan memiliki rasa memiliki dan bertanggung jawab kepada anak didiknya. Apalagi saat berjabat tangan, mereka saling mendoakan dan menjaga silaturahmi. Dengan kasih sayang, maka kepedulian dan empati antara guru dan siswa pun tumbuh,” jelasnya.

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top