politik

Sistem Formulir C1 Belum Dapat Cegah Penyimpangan Suara

Bandarlampung, LM – Sistem baru adanya hologram pada formulir C1 yang digunakan oleh KPU untuk mencegah pemalsuan formulir belum dapat mengantisipasi  potensi adanya kecurangan dan kerawanan penyimpangan suara. Ini diduga akibat amburadulnya management penyelenggara pemilu ditingkat bawah.

Hal ini dikemukakan oleh pengamat politik Lampung, Dedi Hermawan, bahwa KPU belum maksimal menyiapkan petugas pemilu dengan baik. Sistem baru dengan adanya hologram di formulir C1 belum mampu mengantisipasi kerawanan penyimpangan suara.

BACA JUGA:  Kader PKS Sosialisasikan Program Kerja Rycko Jos Lewat Aksi Freeze Mob

“Penerapan formulir dengan hologram tentu baik sebagai upaya untuk mengantisipasi kecurangan. Tetapi, menyiapkan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) belum bisa dipenuhi penyelenggara. Artinya berkas-berkas itu belum bisa dikerjakan dengan baik oleh kpps,”kata Dedi, Sabtu (19/4) melalui telepon genggamnya.

Dedi Hermawan yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung ini menjelaskan, minimnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara pemilu ditingkat bawah menjadi titik rawan penyimpangan suara. “ini karena faktor SDM, (KPPS) rata-rata ketua RT, tokoh masyarakat sepuh, sehingga dokumen tidak terisi dengan baik. Sehingga saksi tidak dapat salinannya, bahkan formulir berhologram belum terisi,”tandasnya.

BACA JUGA:  Cegah Virus corona, Nessy Mustafa Terus Sosialisasika Dan Bagikan Hand Sanitizer

Menurut Dedi, semua persoalan yang muncul selama pemilu legislatif diharapkan tidak berujung di Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu tentunya juga menjadi harapan MK yang mengingkan persoalan tuntas di tingkat KPU. Apalagi, masalah yang terjadi didominasi akibat amburadulnya administrasi pemberkasan. “Tetapi meski hanya masalah pemberkasan namun fatal karena menyangkut perolehan suara,”tegasnya.(tim)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top