Geliat Lampura

Sinkronisasi Renja Ditujukan Agar Program Berjalan Tepat Sasaran

Lampung Utara, www.lampungmediaonline.com – Sinkronisasi antara rencana kerja (Renja) pembangunan di tingkat desa dan renja tingkat kabupaten di tahun 2017 ini mutlak harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar tidak adanya tumpang tindih antara program pembangunan di desa dan program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten. Selain itu pula sinkronisasi renja ditujukan agar program-program yang berjalan tepat sasaran. Demikian diungkapkan, Kepala Bappeda Lampung Utara (Lampura), Syahrizal diruang kerjanya (25/1).
Menurutnya, fokus pembangunan  di tahun 2017 ini masih seputar  infrastruktur. Selain itu, pemerintah daerah juga mengupayakan peningkatan sektor ekonomi masyarakat pedesaan melalui terbentuknya koperasi atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). “Perencanaan yang matang merupakan faktor utama dalam penggunaan dana desa sehingga dapat benar-benar dipertanggungjawabkan,” ujar Syahrizal.
Untuk itu musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) baik ditingkat desa atau kelurahan, kecamatan hingga kabupaten harus benar-benar mengedepankan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terlebih dahulu harus menyamakan persepsi. ” Program pembangunan harus benar-benar bisa dirasakan masyarakat. Karena ruh pembangunan sendiri ialah pembangunan yang partisipatoris,” kata Syahrizal.
Masih kata Syahrizal, di tahun ini Bappeda ditugaskan Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara, untuk bekerjasama dan berkoordinasi dengan instansi vertikal (BUMN, BPS dan lainnya) tentang program-program pemerintah pusat melalui BUMN dan sebagai. ” Bersama PLN kita ikut mensosialisasikan pencabutan listrik bersubsidi khusus daya 900. Dengan BPS kita juga akan melakukan survei ekonomis nasional pada bulan Maret mendatang yang dilakukan pada 680 rumah tangga di 61desa/kelurahan yang tersebar di 23 kecamatan. Dalam survei tersebut masyarakat, aparatur kecamatan dan desa akan berperan aktif sebagai pendamping,” pungkasnya.(Khoiril)
BACA JUGA:  Meski Tak Diupah, Kader Posyandu Antusias Ajak Warga Sumber Agung

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top