politik

Simulasi Dapil,KPUD Pesisir Barat Belum Memutuskan Real Jumlah Kursi DPRD

 

Pesisir Barat.www.lampungmediaonline.com-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir Barat melakukan rapat kerja dalam penyusunan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD tahun 2019 yang diikuti oleh perwakilan LO dari masing -masing partai ,bertempat di hotel Sunset Beac Krui(23/11/2017)lalu.

 

Dalam rapat pembahasan tersebut KPUD memaparkan simulasi daerah pemilih di Kabupaten Pesisir Barat,dengan pontesi daerah pemilihan yakni 3 atau 4 dapil.Terdiri dari Kecamatan Karya Penggawa,Kecamatan Pesisir Utara,Kecamatan Lemong,Kecamatan Pulau Pisang untuk Dapil Pesisir Barat 1 dengan 6 kursi DPRD.

 

Sementara untuk Dapil Pesisir Barat 2 dengan 6 kursi DPRD mencakup Kecamatan Krui Selatan,Kecamatan Pesisir Tengah,dan Kecamatan Way Krui.Selanjutnya Kecamatan Ngambur dan Kecamatan Pesisir Selatan masuk dalam Dapil 3 dengan perolehan 7 kursi DPRD dan untuk Dapil 4 terdiri dari Kecamatan Bengkunat dan Kecamatan Bengkunat Belimbing dengan 6 kursi DPRD.

BACA JUGA:  Sempat Hendak Tebus Jenazah Korban Begal, Hipni Sambangi Rumah Duka

 

Menurut Jefri S.Pd bagian teknis humas KPUD Pesisir Barat mengatakan,dalam rapat kerja tersebut ,KPUD Pesisir Barat bersama LO perwakilan masing-masing partai membahas simulasi Dapil di masing-masing Kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat.

 

Dimana KPU menerangkan prinsip -prinsip pembentukan dapil yang diamanahkan oleh Undang-undang No 7 tahun 2017 PKPU No 7 tahun 2017.

BACA JUGA:  Anggota MPR RI Dwita Ria Ajak Masyarakat Pahami Nilai-Nilai 4 Pilar Kebangsaan

 

“Ini bukan keputusan akhir dalam Penentuan Dapil ,ini masih simulasi dapil .Dan kita akan putuskan pada rapat kedua.Intinya KPU Pesisir Barat ingin melaksanakan pembentukan 7 prinsip”terang Jefri.

 

Dijelaskannya,dalam daftar pemilihan tersebut masuk kedalam 7 Prinsip tersebut,diantaranya kesetaraan suara,ketaatan pada sistem pemilu yang proposional ,propRDorsionalitas ,coterminus,kohbaresivitas,integralitas wilayah dan kesinambungan dengan pemilu sebelumnya.

 

“KPU Pesisir Barat mengikuti simulasi DAK 2 semester 1, dimana kursi yang dibutuhkan sebanyak 25 kursi dan untuk keputusan realnya KPU belum dapat menghitung jumlah kursi di Kabupaten Pesisir Barat”ungkapnya.

BACA JUGA:  Antisipasi Kecurang Pilkada, Golkar Lambar Optimalkan AMPG

 

Sementara KPU sendiri masih menunggu surat penetapan DAK 2 semester 2 dari Mendagri melalui KPU RI yang akan diterbitkan pada tanggal 17 desember 2017 dari kemendagri.(Sior/yuan)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top