Geliat Tanggamus

Satu Jamaah Haji Asal Tanggamus Meninggal Dunia

Ilustrasi Jamaah Haji Asal Ponorogo Meninggal Dunia Di Masjid Nabawi

Tanggamus, www.lampungmediaonline.com – Jemaah haji meninggal dunia asal Kabupaten Tanggamus hanya satu orang. Itupun setelah sampai di Jedah Arab Saudi. Atas nama Suwanah Hajmin Maridin (59), asal Dusun Sukarame, Kecamatan Talang Padang. Sejak informasi diterima dari panitia, maka informasi tersebut langsung disampaikan ke pihak keluarga almarhumah.

“Rombongan jamaah haji asal Tanggamus, diperkirakan akan tiba di asrama haji Raja Basa Bandar Lampung pada tanggal 26 September, sekitar pukul  00.15 WIB,” kata Kasi Haji Kementrian Agama (Kemenag)  Tanggamus, H. Aswari.

BACA JUGA:  Disnakkeswan Kabupaten Tanggamus menghimbau Hewan Kurban Harus Ada SKKH

Lanjut Aswari, jika jamaah sudah sampai di tanah suci Mekah, lalu meninggal dunia, biasanya otomatis biaya sudah masuk, sepenuhnya dikembalikan ke pihak keluarganya. Kewenangan untuk mengembalikan dana tersebut adalah pihak Kemenag Pusat.

“Sedangkan biaya naik haji embarkasi Jakarta, rilnya untuk satu orang Rp 34.306.780.00, jumlah tersebut meningkat dari sebelunya sekitar Rp 300.000 per jamaah, dimana para jamaah haji berangkat tahun ini, daftarnya sejak tahun 2010, artinya menunggu selama 7 tahun lalu,” terangnya.

BACA JUGA:  Tidak Ditemukan Rekayasa LPJ Dana BOS

Kemudian, jamaah haji diberangkatkan tahun 2017 sebanyak 336 orang, semuanya menggunakan jalur reguler, karena kalau haji plus kewenangan Kemenag RI. Jamaah haji akan diberangkatkan di tahun 2018 mendatang, diperkirakan jumlahnya akan meningkat dari tahun sebelumnya.

Mayoritas mereka sudah mendaftar sebagai calhaj sejak tahun 2011. Sesuai ketentuan, bagi para jamaah sudah berusia 75 dan sudah daftar minimal 3 tahun dapat diusulkan untuk diberangkatkan terlebih dahulu.

“Jika calon jamaah haji mulai daftar tahun 2017, maka  diperkirakan akan berangkat sekitar tahun 2022-2023,” pungkas Aswari. (man)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top