Geliat Pringsewu

Satresere Narkoba Polres Pringsewu Amankan 6 Pelaku Penyalah Guna Narkoba

Pringsewu, www.lampungmediaonline.com -upaya Satuan Narkoba Polres Pringsewu dalam memberantas peredaran narkotika ternyata tidak main-main. Terbukti Sat narkoba Polres pringsewu dibawah pimpinan kasat Narkoba Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom kembali meringkus enam pelaku penyalahguna Narkotika jenis sabu di tiga lokasi terpisah pada Senin (1/3/21) malam.

Keenam pelaku yang diringkus dari 3 lokasi terpisah tersebut terdiri dari seorang bandar berinisial ES als pendok (33) beralamat di Pekon Sukoharjo 1 kecamatan Sukoharjo dan seorang pengedar berinisial AP als pehong (28) warga pringkumpul kelurahan Pringsewu selatan kecamatan Pringsewu. Sedangkan 4 pelaku lain RBS als Botek (24), TS (22), AA (25) dan DA (27) diduga hanya berperan sebagai pemakai.

Kasat narkoba Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK menuturkan penangkapan keenam pelaku tersebut merupakan tindak lanjut laporan informasi yang diberikan warga kepada tim opsnal satnarkoba Polres Pringsewu.

“Awalnya informasi warga menyampaikan bahwa disalah satu rumah warga di kelurah Pringsewu selatan diduga sering dipergunakan sebagai tempat berpesta narkoba, atas informasi tersebut kemudian langsung kami tindak lanjuti dengan melakukan upaya penyelidikan dan kemudian tindakan penggrebekan” ujar kasat narkoba pada Rabu (3/3/21) siang.

BACA JUGA:  Wabup Pringsewu Pantau Langsung Geber PSN 2020

Hasilnya, kata kasat narkoba melanjutkan, saat proses penggrebekan di TKP petugas berhasil mengamankan pelaku AP, RBS dan TS yang diduga baru selesai berpesta sabu.

“Selain pelaku di TKP juga kami amankan sejumlah barang bukti 1 buah plastik klip berisi sabu beserta alap hisap dan 2 unit HP” terang Khairul Yassin.

Setelah dilakukan proses interogasi didapat keterangan bahwa narkotika yang dipakai secara bersama sama tersebut dibeli dari pelaku ES, menurut pelaku AP selain dipakai sendiri sebagian sabu yang dibelinya dari ES tersebut juga dijual kepada pelaku AA.

Berdasar informasi tersebut, ucap kasat narkoba melanjutkan, Tim opsnal langsung melakukan pengembangan dengan melakukan penangkapan terhadap ES dikediamaanya

“Dari rumah ES kami dapatkan BB 12 buah plastik klip berisi narkotika jenis sabu yang sudah terbagi dalam beberapa bungkus edar mulai dari harga 200 hingga 1 juta dengan berat total 9,28 gram, 1 buah timbangan digital dan 1 unit HP” ungkapnya

BACA JUGA:  Ormas & Lembaga Serta Rumah Ibadah Terima Bantuan Dari Pemkab Pringsewu

Kemudian pada saat tim opsnal melakukan penangkapan terhadap pelaku AA dirumah kostnya di kelurah Pringsewu barat kecamatan pringsewu, tim juga turut mengamankan seorang pelaku lain yaitu DA dimana kedua pelaku tersebut saat dilakukan penggrebekan diduga baru melakukan pesta sabu di dalam rumah kost AA tersebut.

“Saat digrebek kedua pelaku baru selesai berpesta sabu yang mana di TKP juga kami dapatkan BB berupa 2 buah plastik klipe bekas pakai, alat hisap sabu dan 1 bungkus rokoh” jelasnya

Lebih lanjut kasat Narkoba menjelaskan bahwa dari keenam pelaku yang ditangkap tersebut lima diantaranya merupakan residivis kasus serupa dan bahkan salah satu diantaranya sudah dua kali menjalani Vonis dan terakhir baru keluar pada Agustus 2020 yang lalu.

“5 dari 6 pelaku merupakan residivis kasus serupa, dan untuk bandar yaitu ES malah sudah 2 kali menjalani vonis dan baru keluar Lembaga pemasyarakat pada Agustus 2020 yang lalu”

BACA JUGA:  Pemkab Pringsewu Raih Penghargaan Dari Menteri Keuangan RI

Khairul Yassin menerangkan saat ini keenam pelaku berikut barang bukti sudah kami amankan di mapolres pringsewu guna menjalani proses penyidikan lebih lanjut.

“untuk proses hukum selanjutnya terhadap pelaku ES dan AP kami jerat dengan pasal 114 ayat (1) UU RI NO 35 TH 2009 tentang narkotikan dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara sedangkan terhadap pelaku RBS, TS, AA dan DA dijerat dengan pasal 112 ayat (1) dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara” pungkasnya.(Wen)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top