Geliat Lamsel

Rycko Menoza ; Kemampuan BPD harus terus ditingkatkan

Lampung Selatan,LM – Sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 32 tahun 2004 bahwa, pemerintahan desa itu terdiri dari Kepala Desa dan BPD. Dengan demikian maka Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga formal, yang sangat berperan menjadi ujung tombak dalam membangun dan memajukan desanya, sehingga  akan terwujud masyarakat desa yang lebih lebih sejahtera.

“saya berharap melalui kegiatan Sosialisasi Perundang-Undangan bagi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ini, Ketua, Pengurus, dan anggota BPD dapat memahami Undang-Undang No. 06 Tahun 2014 tentang Desa”. Kata Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza. SZP, MBA pada acara sosialisasi perundang-undangan bagi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pelantikan Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) kabupaten lampung selatan. Katibung. (17/6/15)

BACA JUGA:  Bupati Lamsel Pimpin Upacara Hut Sat Pol PP-Linmas

Lebih lanjut orang nomor satu di kabupaten yang disebut serambi sumatra itu menambahkan Pengurus dan anggota Forum Komunikasi BPD yang dilantik pada hari ini merupakan wakil masyarakat yang dipilih mewakili masyarakat untuk duduk dalam Badan Permusyawaratan Desa. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai bagian dari pemerintahan desa merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah. BPD bersama dengan Kepala Desa berfungsi menetapkan peraturan desa serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Dengan demikian maka pemerintahan desa dituntut untuk mampu menumbuh-kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan”. Tambahnya

BACA JUGA:  Desindo Siap All Out Dukung Sukses Program TPAKD Lampung 2018

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) secara umum mempunyai kewenangan yaitu; membahas rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa, mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa, membentuk panitia pemilihan Kepala Desa, serta menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Kemampuan pengurus BPD setiap saat juga harus terus ditingkatkan. Karena perkembangan zaman yang begitu cepat menuntut kita untuk lebih peka terhadap permasalahan yang semakin kompleks ditengah-tengah masyarakat”. Tandasnya. (R)

BACA JUGA:  Banjir "ROB" Di Pesisir Lamsel, Di Prediksi Bakal Terjadi Hingga Beberapa Hari Kedepan

 

 

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top