Geliat Tanggamus

Ritual Bersih Desa Bentuk Pelestarian Budaya Hari Jadi Pekon Dadi Sari

Tanggamus,www.lampungmediaonline.com- Dalam rangka menyambut HUT Ke-96 Pekon Dadi Sari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus mengadakan pertunjukan kuda lumping dan malamnya dilanjutkan acara wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Kembalinya Jamus Kalimasodo dan dalangnya Hadi Sukatno dari Talang Maja Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus,Sabtu 14-10 – 2017.

Dalam Sambutannya Camat Wonosobo, Asrianto, SE,yang di mewakili oleh Sekertaris Kecamamatan Kecamatan Wonosobo, Lukman.SE, mengatakan kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk lebih menjalin keakraban, meningkatkan persatuan dan kesatuan diantara sesama kita, yang merupakan salah satu modal dasar untuk membangun Kabupaten Tanggamus menjadi lebih baik dan acara ini supaya dapat dilestarikan untuk selamanya.

Menurut Lukman,bahwa tradisi ritual selamatan atau bersih desa ini juga dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan manusia terhadap alam yang selama ini telah memberikan penghidupan. Selain itu juga‎ tradisi ini memiliki dimensi yang leblh luas lagi, karena berkaitan erat dengan dimensi sosial dalam suatu Pekon, S‎ebagai sebuah ritual yang merupakan warisan dari nilai-nilai luhur budaya bangsa.

BACA JUGA:  Bulan Ini Perbaikan Jalan Di Ulubelu Dikerjakan

“Jadi, sudah selayaknya kalau tradisi ‎yang begitu sakral ini dapat terus kita jaga dan dilestarikan. Tentunya sudah menjadi tugas dan kewajiban kami dari pihak Kecamatan Wonosobo khususnya dan Pemkab Tanggamus pada umumnya untuk terus mendorong serta mendukung melestarikan budaya ini,”kata Isdoyono.

Sementara itu, Kepala Pekon Dadi Sari, Isdoyono dalam sambutnya menjelaskan,” bahwa kegiatan ini terlaksana karena atas kerjasama dari semua pihak,baik masyarakat pekon Dadi Sari maupun aparat Pekon Dadi Sari dan biaya untuk kegiatan ini sebagian dari Pekon dibantu dari iuran warga Pekon Dadi Sari, mudah-mudahan tahun-tahun yang akan datang acara ini bisa berlanjut tidak berhenti sampai disini saja,” Katanya.

Lebih lanjut,Isdoyono menyampaikan,kegiatan bersih desa ini setiap tahun kami laksanakan dan tahun ini sudah yang ke-96.” Dengan adanya acara Bersih Desa ini, kami Warga Pekon Dadi Sari merasa bersyukur atas rahmat dan Kurnia dari Allah,SAW, selama setahun ini yang kami terima, mudah-mudahan warga Pekon Dadi Sari yang rata – rata  sebagai petani tahun ini mendapat panen dengan hasil yang melimpah serta tidak ada hal-hal yang akan merugikan masyarakat, intinya dengan acara Bersih Desa ini kami warga Pekon Dadi Sari memohon kepada Allah,SAW supaya Pekon Kami ini di jauhi dari segala bala dan musibah serta pekon kami dalam keadaan aman tentram dan warganya selalu rukun dan damai.

BACA JUGA:  Wow, Salah Satu Kakon di Tanggamus Diduga Memperdaya ABG

Tak lupa pula kami ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Bapak Buyung Zainuddin selaku anggota DPRD Tanggamus dari Fraksi PDI Perjuangan yang telah hadir dalam acara ini dan telah memberikan santunan kepada anak yatim di Pekon Dadi Sari sebanyak 10 orang, pungkasnya.

Nama-nama anak yatim yang mendapat santunan adalah:

1. Aril Makeup Hidayat bin Maksudi

BACA JUGA:  Usulkan ke Mentri- Bappelitbang bersama Tenaga Ahli P3MD Susun Program Kerja

2. Serli binti Maksudi

3. Wahyu bin ISDIYONO

4. Arga bin Suwardi

5. Arga bin Handoko

6. Leo bin Handoko

7. Andini binti Prio

8. Bulan binti Taruna

9. Bintang binti Taruna

10. Andin binti Yatno

‎Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, ‎Bapak Buyung Zainuddin anggota DPRD Tanggamus, Sekcam Wonosobo Lukman,SE,Kapolsek Wonosobo dan jajaran uspika kecamatan Wonosobo,Kepala Pekon tetangga disekitar Pekon Dadi Sari, para tokoh agama, tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda yang ada di Pekon Dadi Sari. (man/*)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top