Geliat Lampura

Ratusan Guru Ikuti Acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Lampung Utara, Lampungmediaonline.com – Ratusan guru dibawah naungan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Lampung Utara, hadiri Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) di Aula GSG SMAN 3 Kotabumi, sabtu (1/10/2016).
Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati H.Sri Widodo mewakili Bupati Hi.Agung Ilmu Mangkunegara membuka acara sosialisasi empat pilar kebangsaan. Pihaknya merasa bahagia karena menjadi salah satu tempat dilaksanakannya sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kesempatan ini tentunya akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan, pemahaman dan pengetahuan. Khusus bagi aparatur pemerintah daerah termasuk para pendidik atau guru di Bumi Ragem Tunas Lampung.
Masyarakat di Lampura adalah masyarakat yang heterogen, yang terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa dan adat istiadat. Namun kehidupan masyarakat Lampura senantiasa kokoh dalam semangat kebersamaan dan saling menghargai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI). Proses akulturasi budaya antar penduduk dari berbagai penjuru nusantara menjadi perekat dan penguat persaudaraan. Serta menumbuhkan rasa kebersamaan yang penuh toleransi.
” Karena itu kita perlu menjaga dan memumpuk serta melestarikan nilai-nilai kebangsaan bagi seluruh warga negara. Agar jati diri bangsa Indonesia tetap kuat dan keutuhan NKRI tetap terjaga,” ujar Widodo di sela-sela membuka sosialisasi, Sabtu (1/10/2016).
Dikatakan Widodo, globalisasi dan keterbukaan informasi serta pesatnya kemajuan ekonomi dewasa ini memberikan dualisme efek bagi masyarakat.                    Di satu sisi memberikan dampak positif bagi kemajuan zaman dan disisi lain menimbulkan ancaman lunturnya wawasan kebangsaan, akibat masuknya pengaruh negatif budaya asing.
“Saya berharap sosialisasi ini mampu menghadirkan kembali semangat cinta tanah air. Dan dapat memberikan pemahaman akan pentingnya menjunjung tinggi empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal ika. Sebagai manifesto perwujudan bagi bangsa Indonesia. Sekali saya katakan NKRI harga mati untuk Indonesia,” harapnya.
Sementara itu Anggota MPR RI dari Partai PAN Ir.Alimin Abdullah saat memberikan sosialisasi menyatakan, pemahaman tentang empat pilar kebangsaan ini sangatlah penting bagi generasi muda. Dengan adanya sosialisasi ini, ketika murid bertanya kepada guru, tentunya para guru siap untuk menjawabnya.
“Inilah sebabnya kenapa kami memilih Persatuan Guru Republik Indonesia(PGRI) sebagai tempat kami berharap. Meski kita juga datang ke perguruan tinggi dan para pemuda serta lainnya namun harapan besar kita taruh pada PGRI. Karena mereka sudah biasa untuk membaca buku dan menyampaikan kembali apa yang mereka baca dan mereka sudah terlatih. Para guru mempunyai kemampuan mendidik untuk itu melalui mereka kita yakin empat pilar kebangsan akan sampai kepada para generasi bangsa,” tuturnya.
Alimin mengajak seluruh para guru agar sepakat untuk memberikan wawasan kebangsaan yang dilakukan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) hingga menuntut ilmu ke perguruan tinggi.” Sehingga kedepan bangsa kita ini tetap utuh dan saling menghormati satu sama lainnya,”pungkasnya.
Hadir dalam sosialisasi tersebut yakni Kepala Dinas Pendidikan Suwandi, Anggota MR-RI Drs.H.M. Idham Samawi dan Abdul Malik Hatamain M.Si. Kemudian Anggota DPD RI Djasarmen Purba S.H., dan Hana Hasanah Fadel Muhammad. Lalu Sekretaris Komisi 4 Hj.Sandi Juwita S.Pd., M.M., dan Ketua PGRI Lampura Drs.Asmidi M.M., serta ratusan guru PGRi dari Lampura.(K)

BACA JUGA:  Gelar Forum Koordinasi Tahap II Tahun 2020, BPJS Kesehatan dan Kejaksaan Samaan Persepsi

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top