Geliat Tanggamus

Rapat Koordinasi Tim Pembina UKS Kabupaten Dan Kecamatan Se Tanggamus

Tanggamus, www.lampungmediaonline.com – Dinas pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Tanggamus melalui Bidang Dikmas mengadakan acara Rapat Koordinasi (Rakor) tim pembina UKS Kabupaten dan Kecamatan, se kabupaten Tanggamus. Rakor  yang di laksanakan di Aula Serumpun Padi Gisting. Acara tersebut di rencanakan berlangsung sehari pada hari Senin tanggal 31 Oktober 2016, di ikuti 125 peserta, terdiri dari Kupt Pendidikan, Kupt Kesehatan, Kemenag serta seluruh Camat beserta ibu penggerak PKK Kecamatan se kabupaten Tanggamus, acara tersebut dibuka langsung oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Tanggamus,Drs.Hamid Hariansyah Lubis, M.Si. Dalam sambutan nya Kadis Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan, ” Keberhasilan pembinaan dan pengembangan  Usaha Kesehatan Sekolah/madrasah (UKS) pada akhirnya akan terlihat / tercermin pada prilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dan ini merupakan dampak yang diharapkan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS. Hal ini dikernakan UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin, yang dilakukan secara terpadu oleh 4 (empat) Kementrian terkait peserta keseluruhan jajarannya baik pusat maupun daerah. Adapun alasannya yaotu SKB 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

Usaha membina, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik di laksanakan melalui program pendidikan di sekolah/madrasah dengan berbagai kegiatan intrakulikulernya, serta melalui usaha – usaha lain di luar sekolah/madrasah yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh tim pembina UKS Kabupaten Tanggamus ternyata masih cukup banyak sekolah/madrasah yang belum melaksanakan UKS secara baik dan benar, terutama disebabkan kurangnya kesadaran pihak sekolah berprilaku hidup bersih dan sehat.
Untuk mengatasi hal tersebut diatas perlu digerakkan SKPD yang terlibat dalam TP-UKS baik tingkat Kabupaten maupun Kecamatan untuk terus mensosialisasikan ke seluruh sekolah/madrasah agar tujuan UKS tercapai.
Guna mengoptimalkan peran TP-UKS baik kabupaten maupun Kecamatan dalam mendorong sekolah/madrasah melaksanakan UKS secara baik dan benar perlu koordinasi antar TP-UKS Kabupaten dengan TP-UKS Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus,” kata Lubis, hari senin (31/10).
Menurut Kasi Dikmas, Juwita Putri, SE.MMmewakili kabid Paud, Dikmas, PKLK, Drs.M.SalehSE.MM, Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus menjelaskan adapun tujuan dari Rakor UKS ini adalah untuk meningkatkan koordinasi dan penyatuan persepsi tentang kegiatan UKS bagi tim pembina UKS dan mempersiapkan pelaksanaan program – program tim pembina UKS, sehingga terwujud sekolah bersih dan sehat, Senin (31/10). Selanjutnya Juwita juga menjelaskan dasar dari kegiatan ini adalah DPA SKPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan No.1.01.01.01.20.08.5.2. Tahun 2016, serta surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus. No. 420/…/20/02/2016. Tentang panitia pelaksana Rapat Koordinasi Tim pembina UKS Kabupaten dan tim pembina UKS Kecamatan se Kabupaten Tanggamus, Tahun 2016.
Materi  dalam kegiatan ini yaitu,
1. Pembuatan program/kapasitas Bilding dan kesepakatan kerja tim pembina UKS tingkat Kabupaten.
2. Peningkatan kapasitas Tim pembina UKS, Kabupaten dan Kecamatan serta sosialisasi, instrument penilaian dari setiap jenjang. Dengan adanya rapat koordinasi ini sangat di harapkan mengahasilkan berbagai hal yang berkaitan dengan Pendidikan Masyarakat. “Dinas pendidikan berharap dengan kegiatan ini agar para peserta dapat memahami tentang kebijakan dinas pendidikan Kabupaten Tanggamus dan memahami pendidikan masyarakat dan dapat menghasilkan rumusan -rumusan sesuai dengan juknis dan aturan yang berlaku serta tumbuh keperdulian dari semua pihak tentang sekolah sehat dan bersih.mampu melaksanakan indentifikasi kebutuhan belajar,dan pembelajaran,peserta juga di harapkan mampu mengembangkan Media pembelajaran,menyusun instrumen penilaian program UKS,sesuai dengan petunjuk Tekhnis, pungkas Juwita. (man)
BACA JUGA:  Sungai Way Hindi Meluap, 10 Rumah Terendam Banjir

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top