Geliat Lamsel

PULUHAN HEWAN TERNAK MILIK PALAS MATI MENDADAK

Kalianda LM – Hampir satu minggu ini, puluhan ekor unggas ayam yang berada di Desa Sukamulya Dusun Sukabangun Kecamatan Palas Kabupaten Lamsel mengalami mati mendadak di duga terjangkit wabah flu burung.

Berdasarkan keterangan  warga dusun Sukabangun Komarudin (50), beberapa warga setempat sangat resah, akibat hewan ternak ayam peliharaannya mengalami mati mendadak, dengan kondisi bangkai hewan tersebut membiru di sekujur tubuhnya.

“ Sudah satu minggu ini, hewan ternak ayam peliharaan milik warga disini, banyak yang mati tiba – tiba, padahal sebelumnya sore hari kelihatan hewan ternak itu masih sehat saja, ” gak tahunya mas, pagi – pagi warga telah menemukan kondisi ayamnya tergeletak di kandang, dah menjadi bangkai,” ucap Komarudin.

BACA JUGA:  Lihat Langsung Proses Pembutan Pakan Ternak Dari Sampah, Nanang : Ini Inovasi Yang Sangat Luar Biasa

Dikatakannya lebih lanjut, hewan ternak yang mati mendadak milik Tukila (45) sebanyak 10 ekor ayam, Emi (30) sebanyak 7 ekor, serta Mbah Widi (65) sebanyak 11 ekor ayam, jelas laki – laki paruh baya itu.

“ Akibat banyaknya ternak yang mati secara mendadak tersebut, beberapa warga setempat cepat – cepat menyelematkan ternaknya agar tidak merugi mati sia – sia, diantaranya ternak tersebut di jual ke warga lainnya atau langsung di bawa kepasar untuk di jual,” ucap laki berkulit hitam itu.

Sementara itu Kabid Keswan dan Kesnak Vet dinas peternakan Kabupaten Lamsel Dr.h. Agung L Kuswantuti mewakili Kadi Peternakan Lamsel Ir. Cecep Khairudin via seluler, pihaknya masih menunggu laporan dari pihak Participatory Disease Survilance Response (PDSR) yang berada di unit pelaksana teknis setempat, apakah kondisi ternak unggas itu memang mati oleh wabah Flu burung atau bukan.

BACA JUGA:  Bupati Zainudin Pinta Juri Obejektif Dalam Penilaian

“ Kami telah mengirimkan tenaga reaksi cepat penangan flu burung ke dusun tersebut, kalau memang hasilnya negative, pihaknya akan mengirimkan Dis Inspektan untuk merelokasi wabah tersebut,” ungkap perempuan berkaca mata itu.

Disamping itu juga hendaknya para masyarakat untuk menjauhkan bangkai ternak ayam tersebut dengan cara membakar bangkainya, bagi ayam yang sudah terjangkit, hendaknya para warga jangan menjual ternak itu, sedangkan pemebersihan terhadap kandang agar di lakukan warga dengan menggunakan air sabun, pungkasnya. (yen)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top