Geliat Pringsewu

Pringsewu Pusat Kedaulatan Pangan Asal Ternak Provinsi Lampung

Pringsewu,www.lampungmediaonline.com-Kabupaten Pringsewu ditunjuk sebagai tuan rumah Rembug Ternak dan Gerakan Terpadu Pelayanan Peternakan (Gardunak) Provinsi Lampung 2017, tentunya ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Pringsewu. kegiatan dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, senin(16/10/2017).

Dalam kegiatan Rembug Ternak 2017  yang mengambil tema “Membangun Lampung Mewujudkan Kedaulatan Pangan Asal Ternak”

Yang di hadiri oleh seluruh kelompok petani ternak seprovinsi Lampung. Dalam kesempatan itupun hadir Ir.Desy Desmaniar Romas, MM selaku kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung,

Ketua DPRD Provinsi Lampung yang diwakilkan oleh Antoni anggota DPRD komisi 2 Provinsi Lampung, Iskandar Muda Selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu serta Forkopimda Kabupaten Pringsewu.

Dalam sambutannya Kadis pertanian Pringsewu Ir.Iskandar Muda menyampaikan menyampaikan apresiasi pada provinsi Lampung karena telah menunjuk kabupaten Pringsewu sebagai tuan rumah Rembug Ternak dan Gerakan Terpadu Pelayanan Peternakan (Gardunak) Provinsi Lampung 2017.

” Muda mudahan kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi kita agar kita dapat lebih baik. Kabupaten Pringsewu sangat mendukung program program Pembangunan peternakan yang di canangkan oleh Pemerintah pusat dan provinsi Lampung baik melalui anggaran APBN/TP, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten” paparnya.

BACA JUGA:  Menyambut HUT Harpi & HUT Pringsewu, Harpi Melati Menyelenggarakan Kelas Kecantikan

Dilanjutnya lagi  kabupaten Pringsewu mempunyai target program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang juga didukung oleh program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) uang sangat bermanfaat bagi peternak ” terang Iskandar Muda.

Juga di sampaikan oleh Kadis Pertanian bahwa dalam rangka menuju Lampung bebas rabies tahun 2020 maka salah satu yang menjadi syarat adalah vaksinasi HPR minimal 70% dari populasi. Dan kegiatan vaksinasi di kabupaten Pringsewu telah di laksanakan dari bulan Agustus dan berlanjut di bulan Sebtember 2017.

Kabupaten Pringsewu untuk menuju satu tingkat sejahtera kami akan membuat satu unggulan kelompok tani. Kadis pertanian perkebunan provinsi Lampung Desi Romas didalam rembuk ternak nanti kita berharap ada satu saran yang terbaik bagaimana kita membentuk Provinsi kampung menjadi baik Jatiwates yang jelas kami merasa bangga Kabupaten di pilih menjadi tuan rumah dalam acara rembuk ternak yang di adakan oleh dinas perkebunan dan peternakan yang di hadiri oleh kelompok ternak Provinsi Lampung .

BACA JUGA:  YouTuber Top Lampung Promosikan Kain Tapis Pringsewu

Dipilihnya kabupaten Pringsewu dikarenakan termasuk dalam kategori 10 besar Nasional Pembangunan kontes ternak , yang di menangkan oleh kelompok tani Sukoharjo . Kami sangat mendukung program Pemerintah ini. Dan kami berharap Kabupaten Pringsewu agar ada suatu pasar ternak kambing dan sapi.

Ir.Desy Desmaniar Romas, MM selaku kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Dunia peternakan rakyat bila dikaitkan dengan Ketahanan pangan asal ternak persoalan utamanya adalah masalah populasi.

“Dan untuk meningkatkan populasi itu tiada lain adalah dengan kawin suntik (Inseminasi Buatan)  untuk itu Pemerintah Programkan UPSUS SIWAB”paparnya.

BACA JUGA:  Kacapjari Tindak Lanjti Dugaan Mark’up Dana Desa Pekon Mulyo Rejo

“Hal lain yang terkait dengan peningkatan populasi adalah sektor pakan, pembibitan, yang tentunya di perlukan ketersediaan bibit ternak secara berkelanjutan baik kuantitas maupun kualitas”

Dessy mengharapkan Rembug ternak ini dapat mewujudkan swasembada daging melalui dukungan dan peran serta semua pemangku kepentingan di Provinsi Lampung.

” Dan kami berharap kedepan dapat mempertahankan ternak bibit yang sesuai dengan rumputnya , dapat menjadi contoh bagi peternak lain, berperan sebagai suplayer dan meningkatkan nilai ekonomi” pungkas Ir.Desy Desmaniar Romas, MM.(mega/*)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top