Geliat Lampura

Potret Kemiskinan Dusun Peranggung Lampung Utara

Lampung Utara, www.lampungmediaonline.com – Dusun Peranggung yang berada di Desa Pekurun Utara Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara merupakan dusun yang terisolir.

Untuk mencapai dusun tersebut harus melewati jalan tanah yang curam dan sama sekali belum tersentuh pembangunan. Tidak banyak warga yang mendiami dusun dengan tipografi wilayah dataran tinggi perbukitan itu. Terhitung, sebanyak 30 rumah panggung yang seluruhnya berdinding papan dan beratap seng. Beberapa rumah nampak tidak terawat, meski ada keluarga yang menghuninya.

Tingkat perekonomian warga yang menghuni dusun tersebut dapat dikatagorikan sebagai keluarga pra-sejahtera. Seluruh masyarakat hanya mengandalkan pendapatan dari hasil perkebunan kopi, cengkih, dan lada dengan masa panen setahun sekali.

Mak Ohek, (53), warga setempat yang dikunjungi awak media, mengatakan seluruh kepala keluarga maupun pemuda pemudi yang ada di Dusun Peranggung menggantungkan hidupnya pada hasil perkebunan.

“Kami di sini kerja di kebun. Namun, tidak semua yang memiliki tanah sendiri. Suami saya hanya bekerja di kebun milik saudara saya,” ujar wanita paruh baya yang sehari-hari hanya ditemani radio sambil menunggu suaminya pulang dari kebun.

BACA JUGA:  SAT POL-PP Bersama Kadis Perdagangan Lampura Tegakan Perda NO.8 TA.2009

Hal ini juga diperparah dengan berbagai keterbatasan pembangunan infrastruktur lainnya, seperti tidak adanya Puskesmas Pembantu (Pustu), gedung pendidikan, pun demikian dengan akses jalan dusun. Dan yang lebih ironis, Dusun Peranggung juga belum memiliki jaringan listrik selama puluhan tahun.

“Kalau malam, dusun ini gelap gulita. Kami hanya mengandalkan lampu teplok. Itupun kalau ada uang buat beli minyak. Kalau tidak  ada, yah, hanya mengandalkan sinar bulan,” ujar Mak Ohek.

Senada dengan hal tersebut, Darwin, Ketua RT 08 setempat, mengatakan warga Dusun Peranggung sangat mengharapkan percepatan realisasi penerangan.

“Kami sudah berkali-kali berusaha mengajukan usulan. Namun hasilnya sama saja. Beberapa waktu lalu, ada pemborong yang mau memasukkan jaringan listrik baru. Tapi, warga di sini merasa tertipu oleh ulah oknum tersebut,” jelas Darwin, di kediamannya, seraya mengatakan setelah terkumpul uang sejumlah Rp20 juta dari warga, oknum pemborong tersebut tidak menyelesaikan pekerjaannya.

BACA JUGA:  Silaturahmi Kebangsaan, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan Imbau Masyarakat Lampura Jaga NKRI

“Rumah warga hanya dipasang instalatir kabel dan termis saja. Setelah itu, oknum tersebut meminta sejumlah uang tambahan untuk mengaliri arus listrik. Dikarenakan permintaan yang terkesan mendadak, warga belum dapat memenuhi permintaan tersebut. Lalu, oleh oknum pemborong dibiarkan begitu saja sampai saat ini,” urai Ketua RT 08, Darwin.

Mendapati temuan tersebut, awak media ini mendatangi Kepala Desa (Kades) Pekurun Utara, Wahidin, guna mendalami informasi lebih jauh.

Dikatakan Kades Pekurun Utara, Wahidin, pihaknya telah berupaya untuk memediasi persoalan yang menimpa warganya tersebut.

Dikatakannya, pihak rekanan merasa warga belum memenuhi anggaran yang telah disepakati. “Saya sudah memediasi persoalan yang dialami warga saya di Dusun Peranggung. Namun, belum ada titik temu antara pihak-pihak yang terkait. Setelah kami konsultasikan dengan kecamatan, maka kami ambil satu langkah untuk mencari pihak rekanan baru. Hal ini sudah kami sepakati dan sudah dipelajari oleh Camat. Hanya saja, realisasinya belum terlaksana,” papar Wahidin.

BACA JUGA:  Amankan Hari Raya Idul Fitri 1440 H 2019, Polres Lampura Terjunkan 149 Personil dan Sniper

Secara terpisah, Camat Abung Tengah, Mulyadi, menerangkan, persoalan pemasangan jaringan instalasi baru Dusun Peranggung sudah diusulkan.

“Saat ini sedang menunggu proses survey dari pihak PLN Cabang Kotabumi dan rekanan yang ditunjuk,” ujar Camat Abung Tengah, Mulyadi. Minggu (21/01/2018), di kediamannya.

Diakuinya, sebagian besar wilayah Kecamatan Abung Tengah belum memiliki jaringan listrik yang optimal dan di beberapa tempat belum terpasang jaringan listrik baru. (Khoiril)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top