Geliat Lamsel

Petani Kurang Tuntas Basmi Hama Wereng

Kalianda, LM-Serangan hama wereng coklat pada tanaman padi makin mengganas. Hal ini dimungkinkan karena kurang tuntasnya petani dalam membasmi hama tersebut. 

Hal tersebut terlihat pada serangan hama wereng coklat pada padi varietas muncul di Desa Sidorejo dan Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan. Hama wereng coklat semakin bertambah karena petani salah dalam mengaplikasi penyemprotan.

Koordinator Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Kabupaten Lampung Selatan, Wawan Suyitno, saat melihat langsung tanaman padi yang terkena wereng coklat mengatakan, petani masih salah dalam mengaplikasi penanggulangan hama sebelumnya. Saat ini, pada tanaman padi sudah sangat banyak dan dikawatirkan akan merusak tanaman.

BACA JUGA:  Sanksi Endapkan Dana BOS, Gaji Pegawai Pemprov Lampung Terancam Tersendat

“Harusnya, untuk menanggulangi hama wereng coklat, ada lebih dari dua orang saat akan melakukan penyemprotan. Satu orang menyemprot dan satu orang membuka tanaman padi. Ini agar, saat menyemprot yang dilakukan dibawah akan lebih mudah. Karena kalau disemprot bagian atas, wereng coklat tidak akan mati,” kata Wawan.

Jumakir (40) petani yang tanamannya terkena wereng coklat mengatakan, hasil pemeriksaan pada tanaman padi oleh petugas POPT. Populasi wereng coklat pada tanaman masih berkisar 20-50 dan masih bisa dikendalikan.

BACA JUGA:  Musrenbang, Pemkab Lamsel Gelontorkan 34 Milyar Untuk Kec. Sragi

Dia berharap dengan pengendalian bersama oleh petani, akan dapat membasmi wereng coklat. “Maka dari itu kami sangat berterima kasih dengan dibantu obat dan dilakukan penyemprotan bersama. Mudah-mudahan tanaman padi bisa diselamatkan dan kami bisa panen nantinya,” ujar Jumakir. (tim)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top