Geliat Waykanan

Peringati HKN ke 52, Bupati Ajak Insan Kesehatan Sukseskan Germas

Waykanan, www.lampungmediaonline.com – Dalam rencana pembangunan jangka panjang (2005-2024) menetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari upaya kesehatan yang bersifat kuratif bergerak ke arah upaya Preventif dan Promotif, sesuai dengan kebutuhan dan tantangan kesehatan.

Hal itu disampaikan Bupati Raden Adipati Surya saat membacakan pidato menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Mulik Pada Upacara Mingguan sekaligus peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 52 Tingkat Kabupaten Way Kanan, dihalaman Kantor Bupati setempat, Senin (14/11/2016).

Tantangan kesehatan saat ini Lanjutnya , bahwa Indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Menurut Global Burden of Disease 2010 dan Helth Sector Review 2014 sambung Raden Adipati Surya, kematian yang diakibatkan oleh penyakit tidak menular, yaitu stroke menduduki peringkat pertama. Dengan demikian, trend ini kemungkinan akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup di masyarakat. Tentunya, hal ini menjadi ancaman bagi produktifitas bangsa kita. Usia produktif yang besar dan seharusnya memberikan memberikan kontribusi pada pembangunan akan terancam apabila derajat kesehatannya terganggu oleh penyakit tidak menular dan perilaku hidup yang tidak sehat.

BACA JUGA:  BPJS Kesehatan Gelar Forum Kemitraan Review Implementasi JKN-KIS di Kabupaten Way Kanan

“Dalam mengatasi hal ini, diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan. Karena pada dasarnya, pencegahan penyakit menular maupun tidak menular sangat tergantung perilaku individu. Yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi,” Beber Bupati yang pernah menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Kabupaten Way Kanan itu.

“Program prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015-2019 dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 tahun 2019 tentang Pedoman Penyelengaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga,” Sambungnya.

BACA JUGA:  Diduga Korupsi Dana Ratusan Juta,Kakam Umpu Bakti Di Tahan

Raden Adipati Surya menambahkan Seiring dengan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Pada tanggal 15 November 2016 di Bantul, DI Yogyakarta, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo akan meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau disingkat GERMAS. Yaitu suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kamauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tujuan GERMAS ini ungkapnya , agar masyarakat berprilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkan untuk berobat akan berkurang.

“Peringatan HKN ke-52 ini tentu merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Semangat melayani, semangat menggerak, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional kita,” Ujar Raden Adipati Surya

BACA JUGA:  Pemkab Way Kanan,Gelar Itsbat Nikah Terpadu

Tampak Hadir pada upacara tersebut, Sekretaris Daerah Bustam, Hadori Para Staf Ahli, Para Asisten dan Kepala SKPD dilingkungan pemerintah daerah kabupaten Way Kanan.(hadi/rahmat)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top