Geliat Kota

Pergunu Gelar Bimtek Metode Pembelajaran Berbasis “Isra”

Bandar Lampung, Lampungmediaonline.com – Kementerian Agama RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam terus berupaya untuk merealisasikan Kurikulum 2013 di semua elemen lembaga pendidikan di Indonesia (PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK) terkait Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) berbasis Islam Rahmatan lil ‘Alamin atau “ISRA”.
Dalam rangka pencapaian tujuan Kurikulum 2013 tersebut Persatuan Guru NU (PERGUNU), PW. Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Provinsi Lampung, LPTK IAIN Raden Intan bekerjasama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Lampung dan Kementerian Agama RI ( Direktorat PAIS) mengelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Metode Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis ISRA bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Islam sebagai calon fasilitator provinsi, kabupaten/kota, dan MGMP.
Kegiatan yang berlangsung tanggal 29 Juni hingga 1 Juli 2016 diikuti oleh enam puluh (60) orang peserta dari berbagai unsur tenaga pendidik ( Dosen, Guru Agama Islam di SD, SMP, SMA dan SMK, Pengawas dan Kepala Sekolah) se-Provinsi Lampung. Ke-enam puluh orang ini diharapkan menjadi fasilitator inti di tingkat kabupaten, Provinsi, bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi fasilitator nasional. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 1.395 menit atau 36 JPL ini dibuka oleh Direktur Pendidikan Agama Islam (PAIS) Dr. H.M. Amin Haidari, M.Pd. Target yang ingin dicapai dalam Pelatihan ini adalah terakomodirnya peserta pelatihan menjadi fasilitator BIMTEK Kurikulum 2013 baik di tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi fasilitator Nasional jika memenuhi standar yang ditentukan, demikian harapan Direktur PAIS. Sebagaimana target Kementerian Agama RI bahwa pada tahun 2014 tersedia 29 fasilitator Nasional, pada tahun 2015 tercapai 204 fasilitator Provinsi, dan pada tahun 2016 tercapai 1.236 tutor kabupaten/kota/ MGMP, pada tahun 2017 terlatih 200 ribu guru PAI dan BP (Budi Pekerti). Secara Umum BIMTEK ini akan tersusun menjadi lima sesi, dengan durasi waktu yang telah ditetapkan dan mengakomodir materi ; Spirit Islam Rahmatan lil Alamin (ISRA), Penerapan Metode Pembelajaran PAI dan BP berbasis ISRA, Penyusunan RPP dengan mengintegrasikan nilai-nilai ISRA, Praktek Pembelajaran PAI dan BP berbasis ISRA serta Refleksi dan tindak lanjut pelatihan. BIMTEK yang yang diselenggarakan mulai hari Rabu 29 Juni 2016 di hotel Emersia Bandar Lampung mengacu pada pendekatan andragogi, dilaksanakan dengan multi metode, dan multi media pembelajaran. Fasilitator Nasional yang hadir pada acara ini tidak kurang dari 20 orang termasuk Direktur PAIS Kemenag RI, Dr. HM. Amin Haidari, M.Pd. Hadir dalam acara pembukaan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Drs.H.Suhaili, M.Pd.I. Pasca BIMTEK ini di Provinsi Lampung bertambah sederet Fasilitator yang siap mensukseskan realisasi Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah yang berkualitas di bidangnya. Karena produk akhir pelatihan ini selain yang telah disebutkan di atas, Fasilitator memiliki kompetensi profesional di bidang metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pelatihan Calon Trainer ini diharapkan dapat melahirkan trainer-trainer atau fasilitator yang berkualitas di bidangnya, yang selanjutnya dapat menjadi trainer atau fasilitator bagi, Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) sebagai calon fasilitator provinsi, kabupaten/kota, dan MGMP, Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) dalam rangka meningkatkan kompetensi profesionalnya di bidang metode pembelajaran.(adv)

BACA JUGA:  Aksi Mogok Awak Mobil Tangki Pertamina, Area Manager Pastikan Penyaluran BBM Tetap Aman

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top