Geliat Lambar

Perebutan Kursi Panas BE 1 MZ Dimulai

Lampung Barat, www.lampungmediaonline.com – Perebutan Kursi Panas  BE 1 MZ Dimulai, hal itu ditandai dengan  penggundian nomor urut Pasangan  calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat periode 2017-2022 nomor urut 1 Hi. Parosil Mabsus, S.Pd.,-Drs. Hi. Mad Hasnurin (PM) dan Paslon nomor urut 2 DR. Hi. Edy Irawan Arief, S.E, M.Ec., dan Hi. Ulul Azmi Soltiansa, S.H., (Edy-Pai) telah berjanji dan menyepakati pelaksanaan Pilkada Lambar yang damai.

Pernyataan sikap dan penandatanganan nota kesepakatan Pilkada damai tersebut melalui deklarasi yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum  Daerah (KPUD) Lambar Rabu (26/10) yang dipusatkan di lapangan Pemkab Lambar, yang dihadiri oleh kedua Paslon dan sama-sama dikawal oleh para pendukung.

Hadir dalam kesemapatan itu, Irwasda Polda Lampung Kombespol Drs. Budi Santoto, Kapolres Lambar AKBP Andy Kemala, S.Ik, M.M., Bupati Lambar Drs. Hi. Mukhlis Basri, M.M., Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom., Dandim Lambar  Letkol INF ISkandar, S.H, M.Han., kepala Kejari Liwa Alex rahman, S.H, M.H., komisioner KPU Lampung Solihin, Ketua KPUD Lambar Imtizal, S.Sos., bersama empat komisioner lainnya serta sejumlah pejabat lingkup pemkab  Lambar dan perwakilan dari para Polres tetangga.

BACA JUGA:  Lampung Barat Raih Opini WTP KE 9 BERTURUT-TURU

Dipandu oleh Komisioner KPUD Lambar Syarif Ediansyah, S.H.I, M.M., kedua  Paslon yang juag didampingi oleh masing-masing tim pemenangan dalam deklarasi Pilkada berintegritas dan damai menyatakan, siap menciptkan Pilkada serentak 2017 yang berintegritas dan damai, kedua mewujudkan kemajuan daerah dan menjaga keutuhan Negara kesatuan repubnlik indonesiua berdasarkan pancasila dan undang-undang 1945. Kemudian tunduk dan patuh terhadap peraturan peruindang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya dipandu oleh Komisioner KPUD Lambar lainnya Ronansyah, kedua Paslon juga menyatakan tujuh deklarasi kesepakatan damai, antara lain metahui melaksanakan UU yang berhubungtan dengan Pilkada, menjamin suksesnya tahapan program dan penyelenggaraan, dengan baik dan damai serta semnantiasa menciptakan suasana yang kondusif serta menghindari adanya konflik dalam masyarakat.

Kemudian menghormati perbedaan pendapat dan menempuh jalur musyawarah atau jalur hukum untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul, mengajak masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya di TPS-TPS pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang, siap menerima hasil akhir rekapitulasi penghitungan suara, siap menang dan siap kalah.

Usai melaksanakan deklarasi, kedua Paslon dan juga para pejabat Fokrpompimda serta pejabat Polda Lampung menandatangani baner deklarasi damai serta melepas balon yang telah disertai gambar kedua Paslon serta melepas puluhan burung merpati yang menggambartkan kedamaian.

BACA JUGA:  Kuasa Hukum Rycko -Jos Laporkan Ketua RT ke Bawaslu

Dalam sambutannya, Komisioner KPU Lampung Solihin mengatakan, pihaknya sebagai penyelenggara pilkada meminta kepada para kedua pasang calon untuk mematuhi sejumlah butir kesepakatan yang tertuang dalam naskah deklarasi pilkada damai.

”Kita minta kepada kedua pasang Cabpb-Cawabup untuk mematuhi butir kesepakatan pikada damai, yang dibacakan dan ditandatangani bersama KPU, Panwaslu dan Polda Lampung dan  jajaran Forkopimda,” ujarnya.

Dengan mematuhi kesepatan itu, lanjut dia, maka pelaksanaan pilkada 15 Februari 2017 mendatang, dapat berjalan lancar, aman dan damai sesuai harapan masyarakat. ”Kita berharap proses tahapan pilkada Lambar, dapat berjalan lancar, aman dan damai sampai pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada mendatang,” ujarnya.

Sementara Kapolda Lampung Brigjen Pol Sudjono yang diwakilkan kepada Irwasda Kombes Pol Drs. Budi Santoso mengatakan, menyerukan Pilkada Lambar dapat berjalan aman dan lancar. ”kami tidak perlu tahu siapa yang menang dan kalah, yang kami harus adalah pelaksanaan Pilkada yang aman dan kondusif,” ungkap Budi.

BACA JUGA:  Golkar Siap Menangkan PM-MH

Terusnya, kepolisian siap mengamankan pilkada serentak di Lambar agar berjalan damai. ” Ada dua pasangan calon yang kita harapkan semuanya berjalan dengan baik, prosesnya berjalan dengan baik, fair kemudian damai. Sehingga bisa kita dapatkan pemimpin yang bisa memimpin masyarakat banyak,” ujarnya.

Sementara Bupati Lambar Drs. Hi. Mukhlis Basri, M.M., mengatakan, bahwa gelaran acara deklarasi Pilkada damai ini di laksanakan agar pesta demokrasi di bumi Sekala Bghak tersebut dapat berjalan dengan tentram dan damai.

”Kami yakin bahwa kedua putra-putra terbaik yang nantinya akan berkompetisi pada pilkada mendatang bisa menjaga nilai-nilai demokrasi sehingganya Pilkada Lambar dapat berjalan dengan baik dan kami yakin tidak akan mencederai Pilkada yang akan berlangsung nanti,”  tegas Bupati.(trs)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top