Geliat Lambar

Percepatan Insfratstruktur, Mukhlis Basri Gelar Rapat Khusus

Lampung Barat, www.lampungmediaonline.com – Bupati Lampung Barat Drs. Mukhlis Basri MM bersama dengan Kepala SKPD, Kajari, Kapolres mengadakan rapat Khusus Percepatan Penanganan Insfratstruktur Jaringan Jalan Provinsi Akses BNS Suoh di Ruang Kerja Bupati Lambar Rabu (16/11).
Dalam paparanya Kepala Bappeda Lambar Ir.Okmal M. Si menyampaikan berdasarkan Sistem Jaringan BNS dan SUOH Berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung Nomor: G/243.a/III.09/HK/2016, tanggal 12 April 2016 tentang Penetapan Status Ruas Jalan sebagai Jalan Provinsi Lampung Ruas Pekon Balak–Suoh (No. ruas: 048 panjang 33,628 km): jalan kolektor primer (JKP) – 3 [ titik awal ruas di simpang tiga Pekon Balak (jalan nasional) dan titik akhir di simpang tiga Way Heni (Suoh)]. Ruas Suoh – sp Blok 9 (No. Ruas: 049, panjang 30,447 km): jalan kolektor primer (JKP) – 3 [ titik awal ruas di simpang tiga Way Henni (Suoh) dan titik akhir di simpang tiga blok 9 (Tanggamus)]. Keputusan Bupati Lampung Barat: B/272/KPTS/II.08/2013, tanggal 19 Juli 2013 tentang Penetapan Ruas-Ruas Jalan menurut Statusnya sebagai Jalan Kabupaten BNS: terdapat 4 ruas jalan Kabupaten, panjang total 43 km (kondisi mantap 2%), dan 3 jembatan. Suoh: terdapat 5 ruas jalan kabupaten, panjang total 43,7 km (kondisi mantap 50%), dan 13 jembatan
Kemudian Aksesibilitas dan Konektivitas Merupakan akses Utama yang menghubungkan antara Kecamatan Batu Brak menuju dan dari Kecamatan Bandar Negeri Suoh dan Kecamatan Suoh Melintasi Kawasan Hutan Konservasi TNBBS di dua lokasi, Letusan ± 1,7 km; Pampangan (Tebaliyokh)-Melebui (Tembelang) ± 8 km Persetujuan untuk jalan, surat Menteri Kehutanan S.369/Menhut-IV/2010, tanggal 19 Juli 2010, hal rencana pembukaan jalan di Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung yang melintasi kawasan TNBBS. Masuk Zona Pemanfaatan Khusus dalam Dokumen Zonasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (Keputusan Dirjen PHKA Nomor 80/IV-KKBHL/2014). Dengan Upaya Pengelolaan jalan Pekon Balak-Suoh yang melintasi TNBBS, pembaharuan Perjanjian Kerjasama antara Pemkab Lampung Barat dan TNBBS tanggal 4 Mei 2015, dan Penyusunan RPP dan RKT pada tanggal 14 Oktober 2016 Selanjutnya berdasarkan potensi sumberdaya alam Belum teraliri listrik PLN, tetapi memiliki potensi sumberdaya energi listrik terbarukan Wilayah Kerja Panas Bumi Sekincau, Kepmen ESDM No. 7439.K/30/MEM/2016, tanggal 14 Oktober 2016, seluas 42.810 Ha, perkiraan potensi 378 Mwe, PLTMH dan PLTA , Sungai Semaka dengan potensi 7-10 MW PLTS terbangun PLTS Terpusat 1 unit, 170 PLTS tersebar, serta 4 unit mikrohidro
Kemudian Padi Sawah merupakan komoditas unggulan Produksi mencapai 44.881 ton/tahun, luas panen mencapai 10.004 Ha (produktivitas mencapai 4,5 ton/ha/thn). Produksi padi di BNS- Suoh memberikan kontribusi sebesar 26% dari total produksi padi Lampung Barat.
Selanjutnya berdasarkan Kebijakan Dan Strategi Pembangunan Jalan Provinsi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Jalan Dan Jembatan Serta Strategi Operasional Berdasarkan Perpres 13 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Pulau Sumatera, Perda Provinsi Lampung No. 1 tahun 2010 tentang RTRW Provinsi Lampung 2009-2029, dan RPJMD Provinsi Lampung 2014-2019) ,Meningkatkan akses kawasan perkotaan nasional (PKW Liwa, PKW Kota Agung, PKN Bandar Lampung) sebagai pusat pengembangan kawasan andalan menuju tujuan-tujuan pemasaran produk unggulan ,Mempercepat peningkatan infrastruktur yang membuka keterisoliran wilayah perdesaan, terutama perdesaan-perdesaan yang memiliki potensi unggulan Provinsi Lampung ,Meningkatkan aksesibilitas antara desa Pusat Pertumbuhan dengan Wilayah Perkotaan untuk meningkatkan kapasitas pemasaran produksi hasil pertanian.
Masih kata okmal Nilai Penting Jalan Provinsi Ruas Pekon Balak – Suoh yang Merupakan jalur penghubung antara Jalan Nasional Liwa-Bukit Kemuning (Feeder Koridor lintas Tengah) dengan Jalan Nasional Sanggi –Bengkunat (Koridor lintas Barat), Nilai Strategis berupa Penghubung antara PKW Liwa -PKW Kota Agung (Tanggamus) menuju PKN Bandar Lampung, Penghubung antara Kawasan Andalan Liwa-Krui dengan Kawasan Andalan Selat Sunda,Penghubung antara Kawasan Strategis Kebun Raya Liwa – Kawasan Strategis TNBBS – Kawasan Strategis panas bumi Sekincau – Kawasan Strategis Industri Maritim (Tanggamus)
Lebih jauh pihaknya menyampaikan BNS-Suoh menjadi pusat pertumbuhan baru sebagai penyangga PKW Liwa (Lampung Barat) dan PKW Kota Agung (Tanggamus jhal ini mempunyai Nilai Penting yaitu Jalan Provinsi Ruas Pekon Balak – Suoh Menaikkan nilai Indek Kemajuan Desa: diharapkan dengan terbangunnya jalan akan mengurangi jumlah desa dengan katagori tertinggal dan kurang berkembang, yang berada di Kecamatan Batu Brak, Kecamatan BNS dan Kecamatan Suoh. ,Mendorong kewirausahaan dan kelembagaan perekonomian lokal untuk tumbuh dan berkembang sebagai penopang pendapatan rumah tangga dan kesejahteraan masyarakat pedesaan (BUMDES, IKM dan UKM, pasar tradisional, jasa transportasi) , Jalur logistik dan evakuasi bencana yang mendukung fungsi ketahanan pangan dan mitigasi bencana, Memperluas jangkauan pelayanan pendidikan dan kesehatan hingga daerah terpencil dan terjauh , Jalur kontrol/pengawasan untuk penyelamatan, dan perlindungan kawasan konservasi TNBBS seperti illegal logging, perambahan, illegal minning, perburuan liar, serta penanggulangan kebakaran hutan, Pendukung pengembangan destinasi wisata dan tumbuhnya ekonomi kreatif, Mendukung terbangunnya sarana dan prasarana serta pelayanan dasar permukiman: seperti pelayanan air bersih, listrik, dan telekomunikasi, Mempercepat pendistribusian hasil produksi menuju pusat-pusat pemasaran / perdagangan, Membuka peluang investasi dibidang energi dan kelistrikan, pertanian, pariwisata
Dalam arahanya Bupati Lampung Drs. Mukhlis basri Menyampaikan Perencanaan Pembangunan tersebut saya minta kepada Dinas PU, BLHKP dan Bappeda untuk sesegera mungkin perencanaannya dianggarkan. “ sebelum masa jabatan saya berakhir ruas jalan tersebut di usahakan akan di rampungkan karena dalam jabatan saya (bupati ) kurun waktu 10 Tahun ini persolan jalan Sukabumi Suoh ini belum juga rampung”, Ungkapnya.
Kemudian selain jalan sukabumi suoh ini yaitu PLN saya sudah berkoordinasi dengan pihak manager PLN untuk dapat sesegera mungkin merampungkan pekerjaan tresebut.” Dan Saya sudah bersiskusi membahas listrik ke Suoh agar lebih di percepat dan pada masa jabatan bupati berakhir pekerjaan tersebut sudah selesai”, Ujarnya.
Sebelum menutup rapat khusu tersebut bupati Lambar berpesan kepada Dinas PU, Bappeda, BLHKP untuk di persiapkan perencanaannya meskipun dengan tender yang berbeda agar semua pembangunan di Lambar ini secep. (trs)

BACA JUGA:  Pemkab Lambar Gelar Pelatihan Operator Radio

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top