Geliat Lambar

Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual, Pemkab Mesuji Kunjungi Lambar

Lampung Barat, www.lampungmediaonline.com – Pemerintah Kabupaten Mesuji Melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dan Belajar Dalam Rangka  Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual Ke Kabupaten Lampung Barat,Selasa 13/12. Rombongan yang dipimpin Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs.Nawawi Matni, M.H itu disambut oleh Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Ir.Sudarto, M.M, dan sejumlah kabid  di aula Dinas PPKAD.
Dalam sambutanya Kepala Dinas PPKAD Ir.Sudarto, M.M menyampaikan terima kasih atas kunjungan nya dan menyambut baik serta mengucapkan selamat datang kepada bapak dan ibu dari Pemkab Mesuji yang telah berkunjung ke Kabupaten Lambar.
Dipaparkannya, dalam implementasi akutansi pemerintahan berbasis akrual ada beberapa poin penting yaitu basis akrual tidak hanya sekadar pelatihan teknik akuntasi namun membutuhkan perubahan budaya dalam entitas pemerintah, pemilihan model implementasi, kemudian dibutuhkan bayak komunikasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan, dibutuhkan berbagai pengembangan keahlian dan pelatihan sumberdaya manusia (SDM) dalam implemntasinya, serta pemilihan system teknologi informasi. Sejak tahun 2013 hingga tahun anggaran 2016 ini, pemkab Lambar secara bertahap masih berproses dalam implementasi akuntasi pemerintah berbasis aktual. Dan proses ini secara berkesinambungan akan terus dilanjutkan pada tahun-tahun anggaran berikutnya, ujar dia.
Dalam hal peningkatan kapasitas SDM untuk mendukung implementasi akuntasi pemerintah berbasis akrual, kata Sudarto, Pemkab Lambar telah melakukan berbagai upaya, diantaranya melaksanakn studi banding di pemerintah Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah Kota Tanggerang Provinsi Banten, menugaskan pegawai untuk mengikuti kegiatan magang di pemerintah Kota Bandarlampung Provinsi Lampung, mengirimkan pegawai untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementrian Keuangan dan Kemetrian Dalam Negeri (Kemendagri). Selanjutnya, mengirimkan pegawai untuk mengikuti Focus Froup Discussion (FGD) diselenggarakan oleh Kanwil Ditjen Pembendahraaan Kemenkeu Provinsi Lampung, serta menyelenggarakan bimbingan teknis bagi pengelola keuangan SKPD.
Kemudian, menyelenggarakan forum dikusi akuntasi bagi pengelola keuangan SKPD, serta melaksanakan kegiatan pendampingan penyusunan laporan keuangan SKPD. Kita berharap dengan adanya kegiatan kunker implementasi akuntasi pemerintah berbasis akrual aparatur Pemkab Mesuji di Kabupaten Lambar ini, semoga selain bermanfaat untuk saling bertukar informasi dan pengalaman, juga dapat meningkatkan kerjasama dalam bidang lainnya di masa yang akan datang, ujarnya.
Sementara itu, dalam sambutannya Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Mesuji Ir.Rizal Fauzi yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs.Nawawi Matni, M.H mengungkapkan, tujuan pihaknya ke Kabupaten Lambar dalam rangka melakukan kunker dan belajar tentang penyususnan laporan keuangan daerah berbasis akrual. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemkab Lambar atas sambutan yang diberikan kepada kami, ucap Nawawi
Lebih lanjut dikatakanya, Kabupaten Mesuji merupakan kabupaten baru di Provinsi Lampung yang barus saja memasuki usia sewindu pada tanggal 28 November 2016 lalu. Sebagai kabupaten yang masih tergolong baru, tentu banyak permasalahan yang harus diselesaikan baik dalam pelaksanaan pembangunan maupun pengelolaan administrasi dan keuangan daerah. Ini-lah yang melatarbelakangi kunker kami di Kabupaten Lambar untuk Berguru dalam hal penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. Karena seperti kita ketahui bahwa Pemkab Lambar selama ini memperoleh opini dari BPK lima tahun berturut-turut. Harapan kami melalui kegiatan ini banyak manfaat yang didapat, sehingga dapat dimplementasikan di Kabupaten Mesuji, ungkap Nawawi seraya menambahkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat lebih mempererat silaturahmi antara kedua pemerintah daerah.
Sekadar diketahui, selain asisten III Bidang Administrasi Umum pemkab Mesuji, tampak ikutserta Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang diwakilkan oleh Sekretaris BPKAD Hendra Cipta, S.I.P, M.Ip, Kabid Akutansi Eka Friska M.Sitorus, S.Sos, Kassubd Pemanfaatan Aset BPKAD Endra Oktafandi, S.T, Kasubbid Pelaporan BPKAD Abi Irawan, SE, M.M, serta sejumlah staf dari BPKAD Kabupaten Mesuji.(trs)
BACA JUGA:  Koni Pesisir Barat Tekad Raih Prestasi di Porprov

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top