Geliat Tanggamus

Penggiringan Gajah Liar Di Tanggamus Masih Berlangsung

 
Tanggamus.www.lampungmediaonline.com-Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Kota agung Utara telah berkoordinasi dengan kecamatan, terkait penurunan sementara warga yang membuka lahan di area hutan lindung. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu selama proses penggiringan gajah liar.

Kepala KPHL, Kotaagung Utara, Zulhaidir menyampaikan, himbauan agar warga yang membuka lahan di area hutan lindung turun untuk sementara waktu, selama proses penggiringan gajah berlangsung sudah disampaikan oleh Asisten Bidang Pembangunan Karjiono melalui camat dan juga kepala pekon.

“Himbauan sudah diberikan, diharapkan warga yang membuka lahan sudah tidak ada lagi di area yang akan dilalui oleh gajah, selama proses penggiringan berlangsung, untuk pasti kapan waktu mereka akan menempati lagi tergantung dari waktu penggiringan, kita belum tahu pasti,”kata Zulhaidir, Senin (20/11).

BACA JUGA:  Hadapi Pilkada Tanggamus 2018, Berikut Kandidat Calon Diusung Setiap Parpol

Ia menambahkan, apabila proses penggiringan gajah liar tersebut selesai, pihaknya akan melakukan pembinaan kepada warga yang membuka lahan, pembinaan tersebut sesuai dengan kesepakatan rapat beberapa waktu lalu, diantaranya yakni penjagaan secara kontinyu, penguatan kelompok untuk mitigasi konflik satwa oleh mitra seperti WWF, WCS, UNILA PILI, TFCA Sumatera, rehabilitasi habitat gajah di hutan lindung register 31 dengan tanaman yang menjadi pakan gajah atau tanaman yang tidak disukai gajah.

“Ini tujuannya, agar masyarakat memahami langkah-langkah yang akan dihadapi agar kawanan gajah tersebut tidak kembali lagi, dan lahan yang digunakan saat ini juga bisa diganti dengan tanaman yang tidak disukai gajah, dan memanfatkan lahan yang ada,”terangnya.

BACA JUGA:  Wabup Tanggamus Menandatangani Deklarasi Perlindungan Anak

Sementara itu, Camat Semaka Edi Fahrurrozy menyampaikan, pihaknya berharap masyarakat yang membuka lahan di area hutan lindung memahami himbauan yang telah disampaikan oleh KPHL, agar sementara waktu untuk turun terlebih dahulu selama proses penggiringan, dan ia juga meminta masyarakat untuk memahami, selama proses penggiringan tentunya gajah patroli akan memakan tanaman warga yang dijumpai, untuk itu diharapkan agar masyarakat memakluminya.

“Menurut Informasi dari Kepala Pekon Sidomulyo, hari ini gajah patroli sudah bergerak ke Talang Asahan, nah jalur mana yang akan dilalui dan saat ini sudah sampai disana apa belum saya belum mendapat informasi lanjutan, untuk memastikannya, sore ini saya akan kesana, mudah-mudahan persoalan gajah ini tidak berlarut-larut dan situasi kembali kondusif,”pungkasnya.(sior/man)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top