Geliat Metro

Pemkot Metro Peringati Hari Penanam Pohon Indonesia

Metro, LM –  Hutan merupakan pilar untuk masa depan, oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memperingatinya, melalui peringatan Hari Penanam Pohon Indonesia (HPPI) dan Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN) dengan tema Ayo Kerja, Tanam Dan Pelihara Pohon Untuk Hidup Yang Lebih Baik.

Kegiatan yang  berlangsung di halaman Kampus 2 SD Muhammadiyah Metro yang berjumlah 250 yang terdiri dari unsur Anggota Fokorpimda diantaranya Pj Walikota Metro Achmad Chrisna Putra, Sekretaris Daerah Ishak, Kapolres Metro, Kejari, perwakilan anggota DPRD Metro, Ketua Organisasi Wanita Kota Metro, Ketua  Dinas/Instansi,  Camat dan Lurah se-Kota Metro, anggota TNI, kelompok tani, tokoh masyarakat, serta para siswa/siswi dari SD, SMP dan SMA sekitar lokasi, Selasa (15/12/2015) pukul 09.00 Wib.

Dari laporan ketua pelaksana Yeri yang menjabat sebagai Kedis Pertanian Metro mengatakan, tujuan dari peringatan hari menaman pohon ini yaitu meningkatkan keperdulian seluruh lapisan masyarakat akan pentingnya fungsi pohon untuk menghasilkan oksigen, meningkatkan cadangan air, mencegah banjir, tanah longsor, dan kekeringan serta menurunkan emisi gas rumah kaca secara global.

“Selain itu juga, kegiatan ini untuk mengajak masyarakat untuk melakukan menanam pohon secara berkelanjutan, guna menurunkan luas lahan kritis dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Metro. Dengan tujuan lain untuk wariskan hutan yang lebih baik untuk generasi penerus bangsa,”ungkap Yeri.

Kadis Pertanian juga menjelaskan mengenai pendistribusian pohon ini sebanyak 8.500 tanaman, yang terdiri dari tanaman durian, nangka, pete dan alpukat. Selain itu, juga kegiatan menanam pohon ini merupakan bagian dalam gerakan menanam pohon 1 miliar di Kota Metro, yang di mulai dari 2012 sampai tahun 2015 sudah 498.349 batang tanaman.

“Untuk sisah dari seremonial, tanaman ini akan didistribusikan kepada kelompok masyarakat dan  sasaran lokasi, penanaman akan dipreoritaskan pada kawasan pemukiman, ruang publik, lembaga pendidikan, tempat ibadah, hutan kota, dan Argowisata Bumi Perkemahan Sumbersari, untuk penghijauan dan salah satu hotan kota,” terang Yeri.

Melalui sambutan Pj Walikota mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan misi dan visi pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dalam mewujudkan nawacita, 5 (lima) diantaranya berkaitam dengan program lingkungan hidupdan kehutanan.

“Melalui strategi percepatan rehabilitasi hutan dan lahan, maka dilakukan dengan upaya-upaya yang melibatkan instansi pemerintahan, lembaga tertinggi, pelaku usaha, ormas/LSM, perguruan tinggi, sekolahan, serta seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu juga, adapun strategi meliputi pemberdayaan potensi anak sekolah dari tingkat dasar dan perguruan tinggi,” ujar Chrisna dalam membacakan sambutan Kemetrian Lingkungan Hidup.

Diakhir sambutan Pj Walikota berharap melalui semangat gotong royong dalam gerakan menanam pohon dan pemeliharaan pohon, serta penyelamatan puspa dan satwa dan demi kesejahteraan rakyat. (sri)

BACA JUGA:  DPRD Paripurna Penyampaian Raperda Kota Metro Tahun 2019

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top