Geliat Tanggamus

Pemkab Tanggamus Beri Bantuan Guna Pembudidayaan Ikan Air Tawar dan Air Payau

KOTAAGUNG, LM – Pemkab Tanggamus melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat di tahun 2014 akan menggulirkan bantuan untuk pembudidayaan ikan

air tawar dan air payau. Program yang dialokasikan APBD tahun 2014 ini bertujuan untuk peningkatan produksi ikan air tawar bagi masyarakat dan kelompok budidaya.

“Nanti akan kami salurkan bantuan untuk masyarakat dan kelompok yang memiliki usaha sebagai pembudidaya ikan air tawar yang ada dikolam maupun ikan air payau yang berada di dalam tambak, bantuan itu pun nantinya akan  fokus untuk membenahi kolam dan tambak milik masyarakat demi meningkatkan hasil produksi,” kata Kepala DKP Tanggamus Drs.Irsan Rianto, MM.

Menurutnya, produksi ikan air tawar di Tanggamus belum cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,sehingga diperlukan terobosan untuk peningkatan ikan jenis ini. “Selama ini kebutuhan masyarakat kita belum terpenuhi,baik kebutuhan ikan air tawar ataupun payau, padahal potensi wilayah Tanggamus sangat memungkinkan untuk menjadi salah satu kabupaten penghasil ikan air tawar,” ungkap Irsan.

BACA JUGA:  11 Kursi Kosong 38 Pejabat di Tanggamus Lolos Seleksi Jabatan

Secara geografis, lanjut Irsan, Tanggamus merupakan wilayah pesisir pantai yang membentang dari Kecamatan Pematangsawa hingga Kelumbayan sangat potensial untuk mengembangkan budidaya jenis ikan yang menjadi santapan khas masyarakat ini. “Sangat disayangkan jika pangsa pasar ikan kita harus didrop oleh daerah lain, hanya demi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, padahal kita memiliki daerah pesisir yang bisa dijadikan tempat budidaya ikan air payau, selain itu kita juga memiliki daerah yang ideal untuk dikembangkan budidaya ikan air tawar, seperti Kecamatan Pugung, Gunungalip, Sumberrejo, Pulaupanggung dan Ulubelu.. Nah, jika kita dapat memanfaatkan wilayah-wilayah tersebut secara maksimal, saya kira bukan mimpi jika Tanggamus nantinya akan menjelma menjadi kabupaten produsen ikan air tawar,” jelasnya. 

BACA JUGA:  Di Tanggamus, Hanya Kantor Dinas PUPR Yang Spesial

Namun program ini, tentu tidak akan berhasil apabila tidak ada dukungan dan kerjasama yang solid dari semua kalangan, sebab terasa percuma jika ada bantuan dari pemkab tetapi tidak ada kemauan dari masyarakat itu sendiri. “Semejak berdirinya kabupaten Pringsewu, harus diakui Tanggamus seperti kehilangan wilayah sentra penghasil ikan air tawar, tapi pemkab tidak lantas berpangku tangan, kami tetap melakukan pembinaan, penyuluhan dan pelatihan kelompok pembudidaya ikan, hanya saja sampai tahun lalu , jumlah kelompok dan luas lahan yang dijadikan area budidaya memang belum seimbang, karnanya kita belum dapat memenuhi meski hanya untuk kebetuhan sendiri,namun harapan kedepan dengan program ini kita dapat mewujudkan apa yang diharapkan demi masyarakat Tanggamus,” pungkasnya. (dik)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top