Geliat Pesawaran

Pemkab Pesawaran Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Pesawaran, lampungmediaonline.com – Pertama-tama marilah kita panjatkan  puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas ridho-Nya, kita masih diberi kekuatan dan kesehatan sehingga kita dapat mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2016 dalam keadaan sehat wal’afiat.

Setiap tanggal 1 Oktober kita memperingati hari Kesaktian Pancasila. Sudah 51 tahun revolusi berdarah tanggal 30 September 1965 yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Kudeta berdarah yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) ini menelan enam Jenderal TNI AD dan dua Perwira.

Tujuan kudeta tersebut adalah merebut pemerintahan yang sah dan mengganti ideologi Pancasila dengan komunisme-sosialisme. Tetapi Tuhan berkehendak lain, sehingga revolusi berdarah ini mengalami kegagalan dan Pancasila masih tegak kuat menjadi dasar negara dan dasar sumber hukum bangsa Indonesia.

BACA JUGA:  Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Aparatur Desa Rusaba

Peringatan hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum untuk merenungkan dan mengevaluasi apakah Pancasila masih dimaknai sebagai filosofi Sapu Lidi terhadap realita plural bangsa Indonesia dan menjadi spirit kehidupan berbangsa dan bernegara, dan juga tidak hanya sebagai kegiatan seremonial semata tetapi bisa menjadi perenungan agar setiap warganegara dapat mengimplementasikan Pancasila.

Tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2016 adalah “Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila”  Tema tersebut relevan dengan situasi kehidupan bangsa Indonesia yang sedang membangun identitas diri sebagai bangsa, tetapi pembangunan identintas diri itu rentan akibat ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan, keutuhan bangsa sangat rentan dengan bukti banyaknya friksi, konflik, bahkan gerakan disentegrasi bangsa.

BACA JUGA:  GEDUNG PAUD DESA GAYAU RESMI DIBUKA

Untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa sudah ada rujukan bahwa, yang sering disebut sebagai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Keempat pilar itu adalah : Pancasila,  Undang-Undang Dasar 1945, Semboyan Bhineka Tunggal Ika, dan Kerangka Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Empat pilar itu beserta kandungan nilainya menjadi rujukan dalam pembangunan karakter bangsa Indonesia.

Dengan Pancasila sebagai Dasar Negara,  karakter bangsa Indonesia dapat ditandai dengan jelas, yakni bangsa dengan karakter Pancasilais.

Akhirnya, kita semua berharap nilai-nilai Pancasila yang terkandung didalamnya dapat dihayati dan diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia khususnya masyarakat Pesawaran pada umumnya, sehingga menjadi kekuatan untuk menanggulangi rongrongan terhadapat kesatuan Republik Indonesia, semoga di masa yang akan datang, Kabupaten Pesawaran akan lebih maju serta terciptanya masyarakat  yang sejahtera. Semoga Allah SWT, senantiasa memberikan kekuatan, rahmad dan ridho-Nya, kepada kita semua. (idar)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top