Geliat Lambar

Pemkab Lambar Gelar Bimtek Penyusunan Evaluasi Jabatan

Lampung Barat, www.lampungmediaonline.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Bagian Organisasi menggelar Bimtek Penyusunan Evaluasi Jabatan (EVAJAB) Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017.

Acara itu di buka oleh Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Drs. M. Mansolihi di hadiri oleh Narasumber Dan Badan Kepegawain Negeri (BKN) RI dan peserta Bimtek. Acara tersebut di laksanakan di Ruang rapat Pakuwon Bappeda Lambar.

Dalam sambutanya staf Ahli Bidang Administrasi Umum Drs. M.Mansolihi menyampaikan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik saat ini semakin tinggi, namun profesionalisme yang diharapkan belum sepenuhnya terwujud.

Salah satu penyebab utamanya adalah distribusi pegawai pada suatu unit kerja atau satuan kerja belum mengacu pada kebutuhan organisasi yang sebenarnya, dalam arti belum didasarkan pada beban kerja yang ada. Menumpuknya pegawai di satu unit kerja dan kurangnya pegawai di unit yang lain merupakan contoh nyata dari permasalahan tersebut.

Untuk itu salah satu langkah awal yang penting dalam melakukan reformasi birokrasi adalah melaksanakan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Analisis jabatan dan analisis beban kerja dilakukan dengan pertimbangan bahwa sumber daya manusia merupakan aset yang harus dikelola dengan baik agar visi, misi dan tujuan serta sasaran dapat tercapai. “Optimalisasi pemberdayaan kapasitas sumber daya manusia dengan alokasi beban kerja dan jabatan dapat memotivasi kerja pegawai”, ujar Mansolihi.

BACA JUGA:  Pilkada, Danrem Himbau TNI Jaga Netralitas

Pelaksanaan evaluasi jabatan merupakan upaya pemerintah untuk memberikan pedoman yang baik dalam rangka meningkatkan kemampuan aparatur dalam melaksanakan program analisis jabatan pada masing-masing unit kerja. Sehingga diharapkan dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.

Mansolihi juga menjelaskan, saat ini terdapat ketidak seimbangan antara pegawai dengan jabatannya, struktur gaji belum sesuai dengan kinerja dan produktivitas serta sistem karir ASN belum berbasis sistem penilaian berdasarkan kemampuan.

“Dengan evaluasi jabatan akan menghasilkan job grading yang terdiri dari nilai jabatan dan kelas jabatan. Manfaat pengklasifikasian tersebut akan menjadi dasar re-organisasi, penilaian kinerja jabatan dan dasar pemberian tunjangan”, terang Staf Ahli bidang Administrasi Umum Pemkab setempat.

BACA JUGA:  Polsek Pesisir Tengah Musnahkan 1,2 ton daging celeng

Masih kata Mansolihi, evaluasi jabatan adalah proses menentukan nilai relatif sebuah jabatan dibandingkan dengan berbagai jabatan yang lainnya. Langkah penyusunan evaluasi jabatan dimulai dari penyusunan jumlah pegawai yang dimiliki saat ini atau persediaan pegawai dan peta jabatan kemudian dilanjutkan penyusunan informasi jabatan, penyusunan nilai dan kelas jabatan.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Sekdakab Lambar Pirwan SE, MM juga menyampaikan berdasarkan peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No 34 Tahun 2011 Tentang Pedoman Evaluasi Jabatan. Perka BKN No 21 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Jabatan PNS. Keputusan Bupati Lambar No B/193/KPTS/07/2017 tentang tim koordinasi dan penyusunan dokumentasi evaluasi jabatan PNS di Lingkungan Pemda Tahun 2017. DPA Bagian Organisasi Setdakab Lambar Tahun 2017 dengan Kode Rekening 1.20.1.20.03.39.29.

BACA JUGA:  Mukhlis Basri ; Ramadhan Saling Jaga Ketertiban Dan Keamanan

Dijelaskanya, maksud dan tujuannya adalah peserta di harapkan mampu memahami dan menyusun dokumen evaluasi jabatan pada OPD masing-masing. Agar terevaluasinya seluruh jabatan di lingkungan Pemkab Lambar pada masing- masing OPD.

Sekedar untuk diketahui, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari 7-9 Agustus 2017 itu diikuti oleh 38 orang yang berasal dari seluruh perwakilan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah, Badan, Dinas, serta Bagian se Lambar. (trs)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top