Geliat Tulang Bawang

Pemilihan Ketua RW dan Semangat Demokrasi dari Kampung di Bumi Dipasena

Tulang Bawang, www.lampungmediaonline.com – Mengajak masyarakat untuk cerdas dan dapat berpartisipasi dalam kehidupan berdemokrasi, tidak hanya bisa dilakukan saat pesta demokrasi besar sekelas Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Negara, Kepala Daerah, hingga Kepala Kampung/Desa, tetapi bahkan bisa pula dilakukan mulai dari pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) yang ada di lingkungan masyarakat.
Hal yang juga merujuk pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa itu, seperti yang dilakukan oleh sejumlah kampung di Bumi Dipasena yang ada di Kecamatan Rawa Jitu Timur Kabupaten Tulang Bawang. Kampung-kampung setempat mulai membiasakan memilih Ketua RT atau Ketua RW tidak dengan asal ditunjuk oleh Pemerintah Kampung, tapi berdasarkan aspirasi masyarakat, atau melalui kegiatan pemilihan yang demokratis.
Salah satu kampung di Bumi Dipasena yang belum lama ini menggelar pemilihan adalah Kampung Bumi Dipasena Agung, yakni dalam memilih Ketua RW di wilayah kampung setempat. Acara ini berlangsung, Sabtu, 25 Februari 2017.
Masyarakat dari 6 RW Kampung Bumi Dipasena Agung pun tampak antusias. Dari pagi hari mereka berbondong – bondong mendatatangi Balai Pertemuan di masing-masing RW, untuk hadir dalam rangka suksesi kemimpinan memilih Ketua RW mereka yang baru periode 2017-2020.
Kepala Kampung Bumi Dipasena Agung Sukismo mengatakan, pada tahun ini sebanyak 12 Ketua RW di kampungnya selesai masa bhaktinya.
“Dan hari ini kita mengadakan Pemilihan 6 Ketua RW. Pemilihan secara langsung dan diikuti oleh seluruh warga masing-masing. Pertama kali ini diadakan, dan antusias masyarakat luar biasa, bahkan ada 2 calon Ketua RW perempuan,” terangnya.
Adanya kaum perempuan yang maju dalam bursa calon Ketua RW tersebut, menurutnya bisa jadi karena terinspirasi dari pelaksanaan Pilkada 2017 lalu, yang juga diikuti oleh calon pemimpin daerah yang berasal dari kaum perempuan.
“Pilkada mungkin jadi inspirasi dan motivasi ibu-ibu untuk memberanikan diri maju. Apalagi tahun ini honor ketua RW juga naik ya. Sehingga semoga nanti Ketua RW yang terpilih dapat benar-benar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.
Sementara itu, dari hasil pemilihan 6 Ketua RW di Kampung Bumi Dipasena Agung, yang berhasil terpilih sebagai Ketua RW antara lain calon perempuan Dewi Urian sebagai ketua RW 4 Charly, Agus Wahyudi Ketua RW 5 Foxrot, Ali Imron Ketua RW 4 Bravo, Imade Suarta Ketua RW 4 Delta, Mardi Ketua RW 5 Delta dan Sukardi Ketua RW 5 Charly.
Sesuai ketentuan, Ketua RW-RT mempunyai tugas membantu Pemerintah Desa/Kampung dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan. Dengan menjalankan fungsi antara lain pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya; pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga; pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat; serta penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya. (fr/idahar)
BACA JUGA:  Waw Keren... Workshop Pendidikan Mendatang, Abdurahman Siap Hadirkan Ketua Umum PWI Pusat

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top