Geliat Lampura

Pembayaran PHO dan DP Tak Sesuai, Kontraktor Bakal Merugi

Ilustrasi / Ist

Lampung Utara, www.lampungmediaonline.com – Sejumlah kontraktor atau di Kabupaten Lampung Utara mengkhawatirkan proses pencairan dana PHO (profesional hand over) maupun uang muka atau down payment (DP) yang dibayarkan tidak sesuai dengan harapannya. Pasalnya, kebanyakan rekanan disana modalnya minim, sampai harus memakai pinjaman dengan bunga tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan yang didapatnya.

Sehingga untuk menutupinya, harus mengejar target diatas yang ditentukan. Bila uang tidak keluar sesuai target direncanakan awal akan menyebabkan membengkaknya pembayaran. Sehingga hasil yang didapat dari pekerjaan itu akan sia-sia, bahkan sampai nombok istilah masyarakat disana.

“Kalau perjanjian seperti itu, kami rekanan akan merugi. Sebab, pembayaran dilakukan sesuai dengan tanggal penyelesaian pekerjaan atau PHO. Sementara uang yang ada tidak dapat menutupi seluruh pekerjaannya, bagaimana kami bisa hidup kalau seperti ini,”ujar salah seorang rekanan setempat yang menolak disebutkan namanya itu, Selasa (26/9).

BACA JUGA:  Pupuk Palsu, Ditanak Himbau Petani Waspada

Menurutnya, sebagian besar kontraktor disana bekerja bukan untuk menjadi kaya raya, melainkan hanya untuk menutupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Sehingga dana talangan diperlukan untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Bahkan diantaranya mengambil ijon atau uang panas untuk itu semua.

“Kami ini warga masyarakat Lampura juga, yang butuh perhatian. Kalau seperti ini, bagaimana kami menghidupi keluarga. Kadangkala untung tidak didapat, melainkam rugi dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan,

Sementara itu, Dinas PUPR tidak dapat berbuat banyak terkait hal tersebut. Menurut salah satu pejabat setempat, pihaknya tidak dapat berbuat banyak untuk memenuhi ekspekstasi para pemborong disana. Sebab, mekanisme pencairannya disesuaikan dengan tanggal penyelesaiannya. Hal itu sesuai dengan hasil musyawarah bersama yang digelar pada waktu sebelumnya.

BACA JUGA:  Agung Bersilaturahmi Dengan Pengurus Pcnu Lampura

“Nah kalo itu tidak banyak yang bisa saya jelaskan, yang pasti semua kembali pada perjanjian sebelumny. Pada dasarnya dari kami telah melakukan mekanisme sesuai dengan prosedur tanpa ada yang tertinggal,” kata Kabid BM PUPR Lampura Yulias sebelumnya.

Pencairan dana PHO maupun uang muka nya pekerjaan bagi rekanan di wilayah Kabupaten sendiri, terangnya menunggu proses pencairan kas daerah dari pusat maupun provinsi.

Ia menegaskan bahwasanya proses pencairan bagi pihak ketiga atau kontraktor yang melaksanakn pekerjaan di pemda setempat akan dicairkan sesuai dengan komitmen pemerintah daerah, yang digelar pada pertemuan lalu dengan para kontraktor.

BACA JUGA:  Kabar Gembira!!! Pemdes Kotabumi Tengah Barat Buka Lowongan Perangkat

“Kalau kita dinas PUPR pada dasarnya telah menyelesaikan seluruh proses pencairan. Dan itu telah diajukan pada bagian keuangan, masalah nya kondisi saat ini tidak memungkinkan sehingga diputuskan seperti demikian,”tegasnya(Khoiril)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top