Geliat Lampura

Pekan Ini Dana Desa Di Transfer Pusat

Lampung Utara, Lampungmediaonline.com – Pekan ini dapat di pastikan alokasi dana desa (DD) di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) akan dikucurkan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah Lampura. Kepastian itu menyusul telah dirampungkannya laporan pelaksanaan ADD tahap pertama yang telah dikirimkan ke kementerian terkait di pusat.

Kepala Bidang (Kabid) pemerintahan desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Surya Ardianto didampingi Kasubid Keuangan dan Kekayaan Desa, Firmansyah mengatakan, laporan pelaksanaan ADD tahap pertama dari 232 desa yang ada telah rampung 100 persen. ” Laporan pelaksanaan ADD tahap pertama telah kita kirimkan ke kementerian desa, kementerian keuangan, Kementerian dalam negeri dan juga BPMPD provinsi,” terang Surya diruang kerjanya (4/10)

BACA JUGA:  Rakor Bunda PAUD, Tingkatan Kualitas SDM

Menurut dia, hasil koordinasi dengan kementerian, dalam pekan ini pemerintah pusat akan segera mentransfer dana ADD tahap kedua (40%) ke pemerintah daerah. ” Ya tak lama lagi, atau dalam pekan ini dana ADD tahap kedua akan ditransfer ke rekening daerah.” Ujar Surya.

Terkait pencairan dana tahap kedua ke masing-masing desa. Surya mengatakan, sesuai pedoman peraturan Bupati (Perbup) pencarian tahap kedua akan dilakukan setelah desa-desa yang ada telah menyelesaikan dan menyerahkan surat pertanggungjawaban (SPJ) ADD tahap pertama. “Ya sesuai perbup nomor 16 tahun 2016 tentang pengalokasian, penyaluran, dan penggunaan alokasi dana desa.
Desa yang sudah  menyelesaikan SPJ maka akan segera diajukan pencairannya ke BPKAD,” terang Surya.

BACA JUGA:  Pelaku Setubuhi Anak Kandung di Amuk Warga

Saat ini dari 232 desa yang ada, sekitar 60 persen yang sudah memproses penyelesaian SPJ nya. ” Siapa saja yang telah merampungkan SPJ maka akan segera dicarikan ADD tahap duanya,” pungkas Surya seraya ikut memverifikasi berkas pelaporan SPJ bersama staf-stafnya di ruang kerja. (K)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top