Geliat Pringsewu

Pasca Lebaran, Pembuatan Kartu Kuning Masih Sepi

Pringsewu, lampungmediaonline.com – Permintaan pembuatan kartu kuning pasca-Lebaran 2016, di kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Pringsewu terlihat masih sepi peminat.

Dari data yang ada Dinsosnakertrans Pringsewu sejak pelayanan AK-1 dibuka pasca-Lebaran pada Senin 11 Julin2016 hingga Rabu 13 Juli 2016, jumlah pemohon AK-1 hanya sekitar 18 orang. “Belum banyak yang membuat kartu kuning. Saya kira juga banyak ternyata baru sedikit, baru 18 orang, ” kata Kabid Tenaga Kerja pada Dinsosnakertrans Pringsewu Rafli, Rabu 13 Juli 2016.

Menurut dia, rata-rata dari 18 orang yang membuat kartu kuning dengan mencari kerja tujuan keluar daerah. “Bahkan ada yang sudah punya pekerjaan pindah kerja. Rata-rata mereka banyak yang ingin berkerja di Tangerang,” kata Rafli.

BACA JUGA:  Pemuda Lintas Agama Terlibat Pengamanan Sholat Idul Fitri di Pringsewu

Dijelaskan dia, sepinya peminat pembuatan kartu kuning dimungkinkan yang baru-baru lulus sekolah di Kabupaten Pringsewu lansung meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. “Kalau tempat daerah kita masih sepi. Karena, di Pringsewu juga banyak yang kelihatan usaha-usaha mandiri mulai berkembang,” kata dia.

Diakui Rafli, untuk di Kabupaten Pringsewu jumlah perusahaan masih sedikit lebih banyak lowongan pekerjaan di luar daerah seperti Tangerang yang bisa dilihat dari online. “Banyak pekerja kita asal Pringsewu yang ke sana melihat dari online bursa lowong pekerjaan. Kita harapkan memang dapat menciptakan usaha-usaha mandiri untuk angkatan kerja baru tidak tergantung dengan perusahaan,” kata dia.

BACA JUGA:  Ratusan Massa Membawa Keranda Jenazah Tolak Relokasi Pasar Nuban

Ia mengimbau kepada masyarakat Pringsewu yang belum memiliki pekerjaan dapat mencari lowongan pekerjaan bisa melalui online di bursa kerja seluruh Indonesia. “Di sini pekerja yang belum tahu bisa melihat di masing-masing kantor Dinsosnakertrans, di mana ada lowongan pekerjaan. Jadi, yang belum berkerja ingin berkerja bisa datang ke lansung ke Dinsosnakertrans untuk melihat bursa-bursa lowongan pekerjaannya,” ungkapnya.(fakih)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top