Geliat Tanggamus

Pantai Gigi Hiu Belum Dikelola Maksimal

Tanggamus, www.lampungmediaonline.com– Potensi pariwisata Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, belum digarap serius oleh pemkab setempat guna menarik kunjungan wisatawan. Berbagai potensi di Kabupaten Tanggamus mulai dari objek wisata pantai, air terjun, hutan, bendungan, ekowisata, bahari dan wisata sejarah, selama ini nyaris tanpa tersentuh dan minim inovasi dari pemangku kebijakan. Akibatnya potensi tersebut terpendam dan tidak di kenal.
“Padahal bila potensi itu digarap secara optimal, bisa memberikan keuntungan terutama untuk menopang Pendapatan Asli Daerah juga isa memberi manfaat positif bagi daerah dan masyarakat disekitar tempat wisata itu,”  kata Dian, salah seorang warga Kabupaten Tanggamus yang sejak 20 tahun tinggal di Kota Malang Kepada Lampung Media Senin (16/1/2017).
Arsan Lumbu yang menjadi Kadis Pariwisata Kabupaten Batu Malang ini mengatakan, sektor pariwisata di Tanggamus sulit untuk berkembang karena minimnya inovasi pariwisata dalam pengembangan konsep kesejahtearaan rakyat dari pemerintah daerah.
“Pemerintah daerah perlu memperhatikan konsep yang ditawarkan untuk mengoptimalkan destinasi wisata guna kesejahteraan masyarakatnya. Bila potensi wisata ini digarap serius, maka rakyat akan sejahtera. Tidak ada lagi anak muda yang potensial hengkang nyari kerja diluar Tanggamus,contohnya di Kabupaten Batu Malang,pariwisatalah yang menjadi andalan kabupaten Batu untuk meraih devisa.” katanya.
Dirinya mengakui, butuh waktu dan dana yang besar untuk menggarap potensi pariwisata ini. “Kalau digarap setengah-setengah dan dengan anggaran kecil, tidak akan ada hasilnya,” ujar dia.
Menurutnya, keeksotisan gugusan pantai Teluk Semaka mulai dari Pematangsawa sampai Kelumbayan, tidak kalah dengan pantai di Bali. “Pantai dan perairan Teluk Semaka termasuk Pulau Tabuan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang pernah ke daerah ini. Namun, semuanya itu akan berarti bagi pengembangan sektor pariwisata jika dilengkapi berbagai fasilitas pendukung,” katanya.
Menurut Dian, keindahan alam Bumi Begawi Jejama yang eksotis itu akan bernilai jual jika pemerintah dan swasta berpartisipasi aktif membangunan berbagai fasilitas pendukung wisata di Tanggamus. “Sangat disayangkan potensi pariwisata di daerah ini belum tergarap. Padahal apabila digarap dengan baik, sektor ini akan mampu memberi manfaat bagi daerah dan masyarakat ,” katanya.
Sekadar diketahui, banyak objek wisata yang dinilai sangat potensial untuk dikembangkan. Selain itu, letak geografis Tanggamus yang berada di daerah pegunungan disatu sisi dan laut di lain sisi membuat wilayah ini mempunyai potensi alam yang luar biasa menakjubkan. Pada saat liburan, apa lagi liburan panjang, jalur Gisting-Kotaagung selalu ramai dengan kendaraan yang ingin berwisata ke Tanggamus. Pengunjung bukan hanya pengunjung lokal, warga dari luar Tanggamus pun banyak sekali yang berdatangan ke Kotaagung.(man)
BACA JUGA:  Tanggamus Sudah Membentuk Perangkat Daerah

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top