Geliat Lampura

Panitia Pilkades Lampura Menggelar Jumpa Pers

Lampung Utara, www.lampungmedionline.com – Melalui DPMPD Lampung Utara melakukan tahapan seleksi Dari 290 Bakal Calon Kepala Desa (Bacalkades) yang mengikuti tahapan seleksi  panitia Pilkades tingkat kabupaten, terdapat 279 orang yang dinyatakan lulus dan memenuhi persyaratan untuk ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa (Calkades). Keputusan tersebut ditetapkan dalam pleno panitia pada tanggal 19 April kemarin. Demikian diungkapkan Ketua Panitia Pilkades, Yuzar didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Wahab dan Kepala Bagian Hukum Sekretariat pemkab Lampung Utara (Lampura) saat menggelar jumpa pers di aula DPMPD, Kamis Sore (20/4).
Yuzar mengutarakan, yang juga menjabat sebagai Asisten I Pemkab Lampura, kesebelas orang dinyatakan gugur dikarenakan beberapa sebab antara lain 7 orang gugur pada tes tertulis, 1 orang mengundurkan diri, 1 orang tidak memiliki ijazah dan dua orang yang masih berstatus keluarga. “Hasil pleno akan segera kita sampaikan ke panitia desa melalui kecamatan. Kita berharap sesegera mungkin dilakukan pengundian nomor urut calon Kades,” ujar dia.
Adapun Anggaran pelaksanaan Pilkades sendiri kata dia, diambil dari dana alokasi dana desa (ADD) berdasarkan jumlah mata pilih di desa tersebut. Untuk mata pilih maksimal 1000 orang dianggarkan sebesar Rp 20 juta rupiah, diatas 1000 hingga 2000 sebesar Rp 30 juta, diatas 2000-3000 sebesar Rp 40 Juta dan seterusnya. ” Untuk biaya pembuatan surat suara, kotak suara dan undangannya akan ditanggung oleh pemerintah daerah melalui APBD,” ujarnya.
Selanjutnya menurut dia, pihak pemkab optimis pelaksanaan Pilkades serentak 90 desa yang akan digelar pada 24 Mei 2017 mendatang akan berjalan sukses dan lancar. Hal ini didasari oleh pengalaman pemkab setempat yang telah menggelar Pilkades serentak 118 desa pada tahun 2015 yang lalu. ” Ada perbedaan antara Pilkades 2015 dan 2017 ini. Kalo Pilkades 2015 yang lalu anggaran Pilkades dibebankan pada calon Kades, kalo tahun 2017 biaya dianggarkan lewat ADD dan APBD. Terus syarat domisili tidak berlaku lagi, sehingga calon bisa saja berasal dari tempat lain,” ucapnya.
Diketahui tahapan Pilkades telah jauh hari dilakukan dimulai dengan pembentukan panitia tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Untuk seleksi tingkat kabupaten sendiri dimulai dari tanggal 10-17 April. Panitia Pilkades tingkat kabupaten sendiri melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti DPMPD, Inspektorat, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Bagian Hukum, Kesbangpol dan juga melibatkan instansi vertikal seperti Kejaksaan Negeri Kotabumi, Polres Lampura, Kodim 0412 Lampura. (Arief/Khoiril)
BACA JUGA:  Memperingati Hari Anti Korupsi Se-Dunia, DPD GMPK Lampura Gelar Aksi Mimbar Bebas

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top