Geliat Pesawaran

Pameran Produk Unggulan Pelaku UKM Di Kabupaten Pesawaran

Keterangan Foto: Jajaran Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pesawaran saat mengikuti kegiatanSmesco Expo 2017 di Bandung, Jawa Barat.

Pesawaran,www.lampungmediaonline.com– Dalam upaya mempromosikan dan memasarkan produk-produk Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Pesawaran secara luas. Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Pesawaran terus berusaha menampilkan produk unggulan yang ada di bumi Andan Jejama dengan mengikuti berbagai kegiatan pameran, baik lokal maupun nasional.

Pameran-pameran tersebut mulai dari kegiatan pameran produk unggulan Lampung yang merupakan rangkaian kegiatan semarak MTQ ke-45 tingkat provinsi yang dilaksanakan di kabupaten setempat pada 20-27 April 2017. Kemudian pameran pada kegiatan Semarak Pesawaran 2017 yang dilaksanakan pada 4-9 Agustus 2017, hingga pameranan kegiatan Jawa Barat (Jabar) Smesco Expo 2017 atau Pameran Pelaksanaan Promosi Hasil Pelaku Ekonomi Kreatif yang dilaksanakan pada 19-22 Oktober 2017. Bahkan, rencanaya Dinas Koperasi, UKM Pesawaran rencananya bakal kembali menampilkan produk unggulanya pada kegiatan Lampung Fair pada 15-30 Desember 2017 mendatang.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Pesawaran, Rohana Sri Hartati, SSos.,MM menyampaikan, pameran produk unggulan dari para pelaku UKM di Kabupaten Pesawaran yang digelar oleh pihaknya merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Pesawaran. Berbagai produk hasil UKM Kabupaten Pesawaran, seperti tapis, ukiran batu dan fosil, souvenir hingga makanan olahan ikut tampilkan didalam stand pameran Dinas Koperasi, UKM.

“Melalui pameran dan promosi ini, juga untuk melihat sejauh mana potensi dan daya jual produk UKM yang ada di Kabupaten Pesawaran. Dan kedepanya dapat dipasarkan diluar wilayah  Pesawaran,” ujarnya.

BACA JUGA:  Ya Ampun! Baru Dibangun, Jalan Rp 2,5 Miliar Sudah Rusak

Dikatakannya, produk yang ditampilkan dalam ajang pameran produk unggulan Lampung tersebut telah memiliki standard maksimal dan kualitas yang sudah baik. Sehingga, produk-produk yang telah memiliki kualitas yang baik tersebut dapat memotivasi Dekranasda yang ada diwilayah Lampung.

Dalam mengembangkan hasil dan produk-produk UKM, imbuhnya, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Pesawaran berupaya untuk meningkatkan kualitas dari produk-produk yang ada, sehingga dapat lebih meningkatkan daya beli masyarakat. Menurutnya, hal ini juga dalam rangka menerobos globasiliasi untuk melakukan pemasaran keluar daerah, sehingga disini dituntut kualitas yang baik.

“Kita terus memacu kepada para pengrajin agar dapat lebih meningkatkan kulitasnya, jangan cukup puas dengan yang ada dan dihasilkan sekarang. Karena jika puas dengan ada yang sekarang, tidak akan dapat meningkatkan daya beli, yang pada akhirnya tidak dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan untuk kerajinan terbaru yang dimiliki Kabupaten Pesawaran yakni batu ukir dan fosil ini, Rohana Sri Hartati menyampaikan, bahwa kerajinan batu ukir tersebut merupakan produk ungulan yang ada di Kabupaten Pesawaran, dimana material yang digunakan pun berasal dari batu dan fosil kayu yang hanya ada di Pesawaran atau tepatnya di Desa Wates Kecamatan Wayratai. “Bahannya ini merupakan jenis bebatuan dan fosil kayu yang memang dari alam Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.

BACA JUGA:  Brigif 4 Mar/BS mengikuti Diskusi Informal Satker Zona Integritas TNI AL.

Sedangkan untuk jenis macam-macam kerajinan yang terbuat dari bebatuan dan fosil kayu ini, lanjut Rohana, dapat diaplikasikan ke berbagai bentuk kerajinan mulai dari patung, meja, lampu, kotak tisu dan lainnya.

“Tapi bisa juga membuat kerajinan lain sesuai dengan pesanan konsumen,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan pameran tersebut, pihaknya berharap dapat menjadi wadah untuk menampilkan produk sekaligus memperkenalkanya kepada masyarakat.

“Tentunya kami berharap masyarakat dapat mengetahui kalau di Kabupaten Pesawaran sendiri memiliki banyak jenis-jenis kerajinan yang dapat bersaing secara lokal maupun nasional,” tandasnya.

Untuk bantuan permodalan terhadap 1.181 UMKM yang ada di Kabupaten Pesawaran, menurut Rohana Sri Hartati, SSos.,MM salah satunya yakni dengan menjalin kerjasama dengan pihak Perbankan yang memiliki program-program pinjaman modal dengan bunga lunak, sehingga usaha yang dijalankan dapat terus berkembang.

“Saat ini kita memanfaatkan dan memfasilitasi program pemerintah dengan menggunakan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) seperti program yang ada di BI, BNI, BRI dan Bank Lampung. Karena pemerintah sekarang sudah tidak memberikan bantuan hibah, tapi cukup memberikan bantuan dengan pinjaman modal dengan bunga lunak,” katanya.

Sebab menurutnya, jika pemerintah memberikan dana hibah kepada UMKM yang ada, dikhawatirkan dapat menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh kementrian.

“Karena dari Kementrian pun tidak ada lagi yang kita terima dengan dana hibah,” jelasnya.

BACA JUGA:  Gepak-lampung Bakal Laporkan Disdikbud Pesawaran Ke Kejaksaan

Untuk Bank Indonesia (BI), saat ini kerjasama tersebut sudah berjalan dengan salah satunya memberikan pembinaan sentra UMKM yang berkaitan dengan tapis.

“Belum lama ini mereka (BI) memberikan pelatihan dan perkenalan terhadap teknologi untuk pemasaran produk-produk. Pembinaannya terutama pada turunan dari tapis, sepeti dahulu yang kita tahu bahwah tapis hanya ada pada kain, tapi sekerang sudah banyak dimodifikasi seperti menjadi, pakaian, aksesoris dan lainnya,” terangnya.

Sedangkan dengan pihak BEkraf, selain memberikan pelatihan kemampuan mendesain produk terhadap pelaku tapis, rencananya kedepan akan memberikan bantuan fisik seperti alat-alat yang dibutuhkan.‎

“Harapan kita memang BEkraf itu harus ada MoU, tapi kalau untuk konsep atau secara tertulis kita sudah siap tinggal penandatangan saja. Selain itu, kedepan berbagai bantuan baik dari kementrian dan BEkraf akan kita kejar dan fasilitasi dengan harapan mereka dapat memberikan pelatihan dan bantuan terhadap UMKM di Kabupaten Pesawaran,” pungkasnya. (hidar)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top