Pendidikan

Oshika Maba Unisma 2022, Mulai Dari Pelepasan Balon Hingga Launching Menara Unisma

Malang, www.lampungmediaonline.com – Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus (Oshika) Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Islam Malang (Unisma) diikuti sebanyak 4.527 mahasiswa baru. Rangkaian Oshika berlangsung selama 12-14 September 2022.

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru yang telah menjadi bagian penting dari Unisma mulai semester ganjil ini. Ia mngatakan bahwa untuk pertama kalinya setelah 2 tahun lamanya.

“Kami menyelenggarakan Oshika Maba tahun ini secara luring, setelah tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring. Namun tetap kita jaga ketat terkait dengan protokol kesehatan dalam agenda OSHIKA 2022 ini. Yang perlu diketahui dalam pesmaba kali ini, ada mahasiswa dari 34 provinsi di Indonesia dan 11 negara di dunia yang bergabung bersama Unisma,” ujar Prof. Dr. H. Maskuri Bakri.

Pembukaan Oshika Maba Unisma 2022 ditandai dengan dilepaskannya ribuan balon ke udara oleh rektor dan jajarannya beserta seluruh maba, filosofinya adalah agar harapan atau mimpi yang digenggam oleh seluruh warga unisma dapat dibawa ke langit untuk dikabulkan.

Masih dalam rangkaian pembukaan Oshika Unisma 2022, setelah melaksanakan upacara pembukaan di halaman depan, rektor beserta jajaran dan seluruh mahasiswa baru selanjutnya menuju ke Gedung Al-Asy’ari untuk mengikuti rapat senat terbuka.

“Jangan mudah putus asa karena menjadi mahasiswa ini penuh tantangan dan harus mandiri serta kuat dalam menghadapi tantangan tersebut. Mahasiswa harus mampu berpikir kreatif dan harus menjadi mahasiswa yang memiliki karakter, berakhlak, dan mempunyai kesopanan,” ujar Prof. Dr. H. Yaqub Cikusin, M.Si, Ketua umum yayasan Unisma ketika mengisi sambutan pada agenda Senat Terbuka OSHIKA Maba Unisma 2022.

Disisi lain, ketua PWNU Jawa Timur yakni KH. Marzuki Mustamar memberikan orasi kebangsaan dan mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru Unisma tahun ajaran 2022/2023 tersebut. Di dalam orasinya, pimpinan pondok pesantren Sabiilul Rosyad tersebut berpesan agar mahasiswa baru Unisma nantinya dapat mengemban ilmu dengan baik serta menjadi mahasiswa yang mandiri dan berakhlakul karimah.

“Mahasiswa Unisma harus mandiri berdikari, tidak cacat moral, tetap menjaga pola hidup agar senantiasa sehat, harus mampu berpikir kreatif dan memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk hal-hal baik yang dibarengi dengan akhlak di setiap pengerjaannya,” pesan dari KH. Marzuki Mustamar, selaku ketua PWNU Jawa Timur yang sebelumnya memberikan ucapan selamat datang kepada seluruh maba Unisma, Senin (12/9/2022).

Selanjutnya, ucapan selamat datang untuk mahasiswa baru Unisma juga disampaikan secara virtual oleh tokoh tokoh nasional Indonesia yakni Menteri Dikbudristek RI, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, kemudian Menteri Agama RI, Dirjen Pendis Kemenag RI dan Ketua LP Maarif PBNU.

Bersamaan dalam Rapat Senat tersebut juga dilaunching buku berjudul “Masykuri Bakri anak Rawa yang Tangguh dan Arsitek Kemajuan”. Buku ini ditulis oleh Mohammad Subhan, Wartawan Senior AULA NU Wilayah Jawa Timur. Ada pula peluncuran Menara Unisma, sebuah platform aplikasi terintegrasi Unisma berbasis website dan mobile.(*)

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top