Ekonomi

Moslemepic Kampanyekan “Anti Mubazir”  Untuk Mengurangi Limbah Industri Fashion

Moslemepic Kampanyekan “Anti Mubazir”  Untuk Mengurangi Limbah Industri Fashion

Industri fashion adalah salah satu industri yang menyumbang pencemaran terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan limbah yang dihasilkan dari industri ini sangat banyak.

Bahkan menurut UN Conference of Trade and Development (UNCTAD) 2019, industri fashion merupakan industri kedua paling banyak menyumbang limbah setelah industri perminyakan. Limbah dari industri ini berupa pewarna tekstil, dan juga sisa kain yang sulit terurai secara alami.

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan para brand fashion untuk mengurangi limbah ini adalah dengan upcycling dan recycling. Upcycling adalah proses modifikasi limbah menjadi sesuatu yang baru. Sedangkan pada recycling bentuk asli barang bekas dihancurkan untuk diolah menjadi barang yang lain.

Seperti yang dilakukan oleh brand busana Muslim bernama Moslemepic. Brand ini memanfaatkan limbah kain yang tidak terpakai menjadi masker dan celana anak. Kampanye ini diberi nama “Anti Mubazir” oleh Moslemepic.

Kampanye Anti Mubazir adalah kampanye untuk mengurangi limbah industri dan juga untuk meminimalisir bahan yang terbuang sia-sia. Pandemi Covid-19 adalah titik awal mula munculnya kampanye ini, di mana saat itu, masyarakat sedang sangat membutuhkan masker untuk kegiatan sehari-hari.

Selain masker, dalam kampanye ini Moslemepic juga memanfaatkan kain sisa produksi menjadi celana anak yang dibagikan secara gratis. Brand ini juga kerap membagikan totebag dan pouch yang dapat digunakan sebagai pengganti kantong plastik pada acara expo atau pameran yang brand ini ikuti.

Dengan mempromosikan kampanye ini, Moslemepic berusaha untuk mengurangi perbuatan mubazir yang dilarang dalam Islam sekaligus dapat berkontribusi mengurangi limbah fashion yang jumlahnya sangat banyak.

Selain itu, brand ini juga berharap dapat meng-influence brand fashion lain untuk dapat mengurangi limbah fashion dengan cara upcycling atau recycling untuk bumi yang lebih baik.

Masker kain hasil upcycle dari Moslemepic bisa kamu dapatkan di platform e-commerce kesayanganmu. Untuk mengenal Moslemepic lebih jauh kamu bisa cek di Instagram @moslem.epic atau kunjungi website www.moslemepic.com

 

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top